Kamboja Rilis Daftar 36 Cabor SEA Games 2023

ADVERTISEMENT

Kamboja Rilis Daftar 36 Cabor SEA Games 2023

Mercy Raya - Sport
Selasa, 17 Jan 2023 15:50 WIB
Ketua Komite Olahraga Indonesia, Raja Sapta Oktohari.
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut ada 36 cabor yang dipertandingan di SEA Games 2023. (Foto: dok.Komite Olimpiade Indonesia)
Jakarta -

Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC) merilis cabang olahraga SEA Games 2023. Total ada 36 cabor. Apa saja?

SEA Games Kamboja akan dilaksanakan pada 5-17 Mei mendatang. Ini adalah pengalaman pertama bagi Vietnam untuk menggelar multiajang olahraga se-Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

Menatap multievent tersebut, CAMSOC pun terus menggenjot kesiapan. Termasuk memfinalisasi cabang-cabang olahraga apa saja yang dipertandingkan di ajang tersebut. Dan diputuskan total ada 36 cabor, 47 disiplin, dan 581 nomor yang dipertandingan. CAMSOC juga menyepakati satu cabor teqball masuk dalam kategori demonstrasi.

Dua cabor mandatory yaitu atletik dan akuatik sudah pasti diperlombakan. Sementara cabang panahan, dayung, dan menembak telah dipastikan tak akan ada pada SEA Games kali ini.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan NOC Indonesia telah mengupayakan diplomasi agar cabor andalan Indonesia dapat dipertandingkan.

Namun ketentuan dalam SEAGF Charter hanya mewajibkan dua cabor mandatory untuk dipertandingkan di SEA Games yaitu atletik dan akuatik. Sisanya, tuan rumah mendapat kewenangan dalam memilih sesuai dengan kesiapan mereka.

"Pekan lalu ada rapat SEAGF, dan hasil rapat kemarin memutuskan finalisasi cabor SEA Games Kamboja. Ada beberapa yang tidak dipertandingkan, seperti body building karena non-compliance dengan anti-doping code," kata Okto, dalam rilis yang diterima detikSport, Selasa (17/1/2023).

"Ada juga dance sports-kategori latin yang akhirnya diputuskan tidak dipertandingkan. Kami juga secara bertahap sudah mengirimkan technical handbook kepada National Federation (NF) dan ini nantinya juga dapat diakses di laman resmi nocindonesia.id," ujarnya.

KOI, kata Okto, juga telah melakukan tindakan preventif agar tarik ulur cabor yang dipertandingkan di SEA Games tidak terjadi di setiap penyelenggaraan. KOI telah menyampaikan adanya perubahan konstituen untuk sport programs SEA Games, yang akan ditindaklanjuti SEAGF.

"Aturan ini harus diubah, harus berkembang demi meningkatkan mutu olahraga ASEAN. Jadi cabor yang dipertandingkan di SEA Games ini harus merujuk kepada multievent di atasnya, yakni Asian Games dan juga Olimpiade, sehingga atlet yang dikirim ada acuan prestasinya," terang Okto.



Simak Video "Ini Besaran Bonus yang Didapat Atlet Peraih Medali SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT