Pencak Silat Targetkan 5 Emas SEA Games 2023

ADVERTISEMENT

Pencak Silat Targetkan 5 Emas SEA Games 2023

Mercy Raya - Sport
Kamis, 19 Jan 2023 20:00 WIB
Pencak Silat
Pencak silat ditargetkan raih lima medali emas di SEA Games 2023 (dok.PB IPSI)
Jakarta -

Pencak silat menargetkan lima medali emas di SEA Games 2023. Ini berdasarkan hasil Kejuaraan Dunia Malaysia tahun lalu.

Pencak silat melakukan persiapan menuju multievent se-Asia Tenggara dua tahunan sejak Oktober 2022. Selama itu pula mereka terus melakukan evaluasi menyeluruh, termasuk perbaikan-perbaikan teknis maupun nonteknis yang sempat menjadi kendala pada SEA Games edisi sebelumnya.

Seperti diketahui, pencak silat bukan kali ini saja mematok target tinggi. Pada SEA Games 2021 di Vietnam mereka mencanangkan jumlah empat medali emas, tapi gagal karena cuma meraih satu emas, lima medali perak, dan tiga medali perunggu.

Emas tunggal bahkan diraih dari ganda putri (Ririn Rinasih/Riska Hermawan) yang awalnya tidak ditargetkan oleh Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI).

"Setelah SEA Games kemarin, kami melakukan banyak perbaikan. Kami juga mengikuti World Championship di Malaysia pada akhir Juli lalu dan hasilnya kami menjadi juara umum dengan raihan 11 medali emas," kata pelatih kepala pencak silat Indro Catur Haryono ketika ditemui di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Hasil dari Kejuaraan Dunia itu pula menjadi bahan mereka untuk melanjutkan Pelatnas berikutnya. Jumlah tersebut dipangkas kembali menyesuaikan hasil Seleksi Nasional (Seleknas) menjadi 20 orang, untuk masuk ke Timnas pencak silat proyeksi SEA Games 2023.

"Jadi atlet-atlet yang mendapat medali emas langsung dipelatnaskan, kemudian ditambah beberapa atlet pantauan dengan total 23 orang," ujarnya.

"Kecuali ada beberapa yang tidak kami inginkan terjadi, misalnya atlet cedera berat, pasti kami ganti. Tapi sejauh ini sudah 100 persen, total 20 atlet dari 17 kelas yang dipertandingkan," Indro menjelaskan.

Oleh karenanya, tim pencak silat pun ditargetkan bisa meraih setidaknya lima medali emas, yakni tiga dari nomor tanding dan dua dari nomor seni.

"Jadi untuk kategori tunggal ganda itu punya kans tiga nomor di ganda putri (riska Hermawan dan Ririn Rinasih), regu putra (Asep Yuldan Sani, Anggi Faisol Mubarok, dan Rano Slamet Nugraha), dan tunggal putri (Puspa Arum Sari). Jadi dapat dua sudah bagus, syukur-syukur dapat tiga medali emas itu bonus," sebutnya.

"Termasuk tanding seperti Khoirudin Mustakim (kelas A putra), Suci Wulandari (kelas under A putri),Iqbal Chandra Pratama (kelas F putra)," tambahnya.

(mcy/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT