detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 16 Sep 2019 20:39 WIB

Baru Gabung Dua Pekan, Oki Wira Kagok Defensif 3x3

Mercy Raya - detikSport
Oki Wira Sanjaya bakal masuk Timnas Basket 3x3 di SEA Games 2019 (Mercy Raya/detikSport) Oki Wira Sanjaya bakal masuk Timnas Basket 3x3 di SEA Games 2019 (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Pebasket Oki Wira Sanjaya dipanggil Timnas 3x3 SEA Games 2019. Dua pekan bergabung, dia masih kesulitan soal defensif.

Oki merupakan satu dari 15 pemain basket 3x3 yang dipanggil Timnas untuk menjajal kemampuannya.Dia juga telah mengikuti uji coba FIBA3x3 Asia Quest 2019 di Maladewa, 6-8 September.

Bersama tiga rekannya yang lain, Surliyadin, Respati Ragil Pamungkas, dan Moh Alan As'adi, mereka hanya meraih posisi delapan besar. Sebelumnya, Oki sempat masuk dalam seleknas tahap kedua 5on5 tapi gagal lolos.

"Dia masih ada sedikit dan masih kurang di defense tapi di ofense dia bahaya, tapi ya di 3x3 keduanya harus seimbang," kata Ali Budimansyah selaku pelatih di Lapangan Basket Senayan Trade Centre (STC), Senayan, Senin (16/9/2019).




Sementara, Oki Wira mengakui dirinya masih perlu banyak beradaptasi konsep permainan 3x3.

"Pertandingan 3x3 dan 5on5 itu cukup berbeda. Cukup fisikal dan capek banget. Kalau dasarnya tak ada kesulitan, susahnya hanya adaptasi peraturan-peraturannya saja, cara mainnya," kata pemain basket berusia 29 tahun itu.

"Sementara 5on5 itu harus konsisten ya, ada time out berkali-kali, ada adjust dari pelatih. Nah di 3x3 itu berbeda. Semua keputusan diambil sendiri, jadi fisik harus bugar," ujar dia.

Meski demikian, Oki optimistis dirinya bakal tetap bertahan di Timnas sampai SEA Games 2019 Filipina. Sebagai gambaran, dari 15 pemain yang dipanggil, tidak akan semuanya terpilih. Sebab, ada tiga tahap seleksi yang harus mereka lalui.

"Saya sih kerja keras saja buat Indonesia, kalau dipilih tak dipilih itu tergantung pelatih. Misalnya, saya kecoret juga tidak apa-apa, saya kasih terbaik saja untuk Indonesia," ujar mantan pemain nasional ini.




Baru Gabung Dua Pekan, Oki Wira Kagok Defensif 3x3


Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com