detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 03 Jan 2020 17:13 WIB

Adhi Pratama Lelang Jersey Timnas untuk Korban Banjir

Randy Prasatya - detikSport
Adhi Pratama Putra melelang jersey Timnas Basket Indonesia untuk korban banjir.  (dok: Istimewa) Adhi Pratama Putra melelang jersey Timnas Basket Indonesia untuk korban banjir. (dok: Istimewa)
Jakarta - Pebasket Pelita Jaya, Adhi Pratama Prasetyo Putra, melelang jersey Asian Games 2018 untuk korban banjir. Dia tergerak membantu karena tahu rasanya menjadi korban.

Adhi membuka lelang jersey merah Timnas Indonesia Basket di Asian Games 2018 melalui Instastory pada Kamis (2/1/2020) dan ditutup pada Jumat (3/1/2020) pukul 14.00 WIB. Lelang dibuka dengan harga Rp 250 ribu dan terjual dengan hingga Rp 5 juta.

Aksi Adhi mendapat respons dari mantan pebasket Hang Tuah, Toni Sugiharto. Dia menitipkan jersey untuk dilelang kepada Adhi dan terjual Rp 510 ribu.

Uang yang terkumpul dari penjualan jersey tersebut sebesar Rp 5.510.000, namun baru Rp 5 juta yang ditransfer sampai saat ini. Jika hasil penjualan dari jersey Toni sudah diterima, Adhi bakal bergerak langsung ke titik yang sudah dia pilih, yakni Jalan Bangka, Kemang, Jakarta Selatan.


"Jam dua (siang). Saya umumkan tadi jam 14.30 WIB. Total jersey saya terjual Rp 5 juta. Kalau teman saya itu Rp 510 ribu," kata Adhi kepada detikSport.

"Kemarin spontan saja. Saya lihat berita banjirnya besar banget. Media sosial juga sudah gampang banget bikin aksi sosial seperti itu tanpa harus bikin event segala macam," dia menambahkan.

"Saya yang memilih lokasi. Tujuan saya di Bangka yang rumah-rumah gang itu karena memang langganan banjir. Teman-teman saya juga banyak yang terkena banjir di daerah Bangka Kemang. Jadi yang rumahnya sampai terendam bisa kami bantu," Adhi menuturkan.

"Jadi, nanti ada uang dan logistik. Supaya efisien, saya bakal datangi satu-satu lokasi. Seperti makanan sampai kebutuhan anak kecil. Rencananya nanti ada donatur juga," kata dia.

Adhi tak keberatan melepas jersey Timnas Basket Indonesia di Asian Games 2018. Sebab, dia masih memiliki kenang-kenangan lain dari pesta olahraga negara-negara Asia di Indonesia itu.

"Stok jersey saya waktu Asian Games masih ada yang lain. Jadi salah satunya saya coba lelang buat bantu korban. Alhamdulillah ada yang mau," Adhi mengungkapkan.

Lagipula, Adhi pernah merasakan menjadi korban banjir pada 2002. Sebagai orang yang pernah menjadi korban, hatinya secara spontan tergerak untuk membantu.

"Dulu waktu di Pondok Labu 2002. Rumah terendam. Sedih banget waktu itu. Makanya pas lihat berita saya tergerak membantu karena pernah merasakan juga," Adhi menjelaskan.



Adhi Pratama Lelang Jersey Timnas untuk Korban Banjir


Simak Video "Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com