detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 28 Jan 2020 09:56 WIB

Kabut Pekat di Lokasi Kecelakaan Kobe Bryant, Kenapa Helikopter Nekat Terbang?

Doni Wahyudi - detikSport
Kobe Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada minggu pagi waktu setempat (Keith Birmingham/The Orange County Register via AP) Kobe Bryant meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada minggu pagi waktu setempat (Keith Birmingham/The Orange County Register via AP)
California -

Kabut pekat turun di sekitar lokasi kecelakaan helikopter Kobe Bryant. Saksi mata menyebut menyetir mobil saja sangat sulit. Kenapa helikopter nekat terbang?

Meski belum ada kesimpulan apa penyebab utama kecelakaan helikopter yang menyebabkan kematian Kobe Bryant, kabut pekat yang turun di sekitar lokasi kejadian diyakini punya faktor pengaruh yang besar. Laporan cuaca di wilayah Kalifornia Selatan menyebut kabut tebal memang turun di Minggu pagi yang nahas itu.

Dikutip dari New York Times, cuaca di sekitar lokasi kecelakaan tengah memburuk. Bahkan lebih buruk dari kondisi standar di mana penerbangan masih diperbolehkan.

Kabut Pekat di Lokasi Kecelakaan Kobe Bryant, Kenapa Helikopter Nekat Terbang?Foto: AP Photo/Richard Vogel



Lalu kenapa helikopter yang dinaiki Kobe tetap terbang?

Meski cuaca tak bersahabat, helikopter sudah mendapat izin untuk terbang dari Orange County dan berputar di Burbank. Helikopter menerima apa yang disebut sebagai 'Special Visual Flight Rules clearance'.

Pilot diyakini memilih menunggu di udara sampai kabut hilang dan cuaca membaik. Itu didasari fakta bahwa helikopter berputar di area itu setidaknya enam kali dalam ketinggian rendah, 875 kaki (sekitar 266,7 meter).

Apakah pilot telah membuat keputusan yang tepat dengan meneruskan penerbangan saat kondisi buruk? itu menjadi salah satu hal yang diselidiki Komite Keselamatan Penerbangan Amerika Serikat.

[Lanjut ke Halaman Berikutnya: Kabut Pekat, Nyetir Mobil Saja Sulit]

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com