detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 01 Okt 2020 19:50 WIB

IBL 2021 Bakal Diramaikan Tim dari Solo dan Bali

Mercy Raya - detikSport
Logo IBL IBL 2021 Bakal Diramaikan Tim dari Solo dan Bali (Istimewa)
Jakarta -

Dua tim baru bakal meramaikan Indonesia Basketball League (IBL) 2021 musim depan. Dua klub itu berasal dari Solo dan Bali.

Adalah Bali United dan West Bandits Soloyang sukses menyingkirkan dua tim pesaingnya, Mountain Gold Papua dan Teruna Jayapura.

"Slot kami untuk musim kompetisi depan hanya bisa menambah dua klub. Dua klub ini terpilih berdasarkan presentasi dan verifikasi dan penilaian ketat," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dalam rilis yang diterima detikSport, Kamis (1/10/2020).

Jauh sebelum keputusan tersebut, IBL telah membuka pendaftaran peserta baru pada pekan pertama April lalu. Tercatat ada tujuh tim yang telah menyatakan minatnya dan mengikuti tahapan awal administrasi.

Dari sejumlah persyaratan hanya empat yang lolos. Tim-tim itu ialah Bali United, Mountain Gold Basketball Timika, Teruna Jayapura serta West Bandits Solo. Keempat tim ini kemudian masuk tahap akhir yaitu proses assesment dan verifikasi.

Namun, Bali United dan West Bandits Solo dinilai memenuhi apa yang menjadi keinginan liga. Ditambah, Pulau Dewata menjadi kali pertama yang memiliki wakil di level kompetisi bolabasket tertinggi Tanah Air. Sementara pecinta bola basket Solo akan kembali memiliki klub idola seperti era klub Bhinneka dulu.

"Visi mereka memilih Bali dan kota Solo sebagai home base dengan membawa nilai sejarah juga cukup menarik serta dapat meningkatkan pasar IBL," Junas menjelaskan memilih dua tim tersebut.

"Keduanya juga sudah memiliki badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas yang sudah berjalan bagus," lanjutnya.

Kendati IBL 2021 sudah memastikan penambahan dua tim baru. Kelanjutan IBL musim ini faktanya masih tanda tanya menyusul Liga 1 dan Liga 2 sepakbola yang tak mendapat surat izin keramaian dari kepolisian.

Hal itu pun memunculkan kekhawatiran bagi pelaku olahraga bola basket, yang mana sama-sama akan melanjutkan kompetisi, pada 13 Oktober mendatang di Jakarta.



Simak Video "Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com