detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 26 Okt 2020 02:07 WIB

Manajer Timnas Basket Setuju Kualifikasi FIBA Asia di Bahrain

Mercy Raya - detikSport
Tim basket putra Korea Selatan dengan menyakinkan membungkam tuan rumah tim putra basket Indonesia dengan skor telak (109-76), yang berlangsung di Sport Mal Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (20/2/2020) malam. Tuan rumah Kualifikasi Asia Cup 2020 diputuskan, ini komentar Perbasi. (Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

PP Perbasi menyambut baik langkah FIBA yang cepat memutuskan kota tuan rumah penyelenggara Kualifikasi Asia Cup 2021. Konsekuensinya, tim harus ke Bahrain.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 masih menyisakan dua windows pada November 2020 dan Februari tahun depan. Putaran itu direncanakan berlangsung dengan format tandang dan kandang. Khusus Grup A dijadwalkan berlangsung di Thailand dan Korea.

Namun, pandemi COVID-19 yang mewabah secara global memaksa FIBA mengubah rencana. Kualifikasi akan menerapkan sistem bubble dalam lanjutan laga guna menekan kasus Corona.

Alhasil, FIBA pun menetapkan dua grup dengan satu tuan rumah. Khusus, Grup A dan D akan berlangsung di Manama, Bahrain.

"Iya sudah (tahu soal perubahan tuan rumah). Dengan adanya kepastian ini merupakan berita baik mengingat Timnas sudah berlatih dari pertengahan Agustus," kata Manajer Timnas basket Fareza Tamrella kepada detikSport, Minggu (25/10/2020).

Jauh sebelum Bahrain, nama Thailand sempat disebut-sebut bakal menjadi tuan rumah, tapi tidak jadi. Padahal, dari jarak tempuhnya jauh lebih dekat ketimbang Bahrain. Selain itu, risiko terpapar COVID-19 juga tak besar. Menyikapi itu, Mocha, panggilan karib Fareza Tamrella, percaya dengan keputusan FIBA.

"Memang secara jarak lebih jauh namun kami percaya bawasannya keputusan tuan rumah dari FIBA ini sudah melalui pertimbangan yang matang. Khususnya mengingat situasi pandemi saat ini," ujarnya.

Tim Merah -Putih dijadwalkan akan bertolak ke Manama pada 22 November. Sebelum akhirnya menghadapi Thailand pada 28 November, dan melawan Korea pada dua hari berikutnya.

Saat ini, Indonesia berada di peringkat tiga, di bawah Korea dan Filipina. Skuad Rajko Toroman belum sama sekali mengantongi kemenangan dari dua laga yang mereka lakoni. Andakara Prastawa dkk kalah dari Filipina dengan skor 70-100 dan Korea Selatan 76-109 di rumah sendiri pada Februari lalu.



Simak Video "Dicibir Lorenzo, Begini Penampilan Cal Crutchlow di MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com