detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Okt 2020 19:15 WIB

Skuad Timnas Basket Dipangkas, Tiga Pemain Akan Dicoret

Mercy Raya - detikSport
Perbasi rilis logo Timnas Basket Indonesia, Jumat (3/1/2020) Ilustrasi acara rilis logo Timnas Basket Indonesia. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Tim nasional basket Indonesia akan memangkas skuadnya menjadi 12 pemain guna tampil di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Pencoretan pemain di skuad timnas basket Indonesia dilakukan 20 November mendatang.

Indonesia akan mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 bulan depan. Skuad Rajko Toroman pun semakin intensif latihan untuk mendapatkan perfoma terbaik. Akan tetapi dari 15 pemain yang saat ini mengikuti pemusatan latihan di Jakarta, hanya 12 pemain yang akan dibawa ke Manama, Bahrain, 22 November mendatang.

Ke-15 pemain itu sudah termasuk Brandon Jawato dan Lester Prosper yang saat ini masih menunggu Surat Keputusan dari Presiden RI Joko Widodo terkait statusnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Serta tiga pemain yang baru bergabung, yaitu Juan Laurent Kokodiputra, Govinda Julian Saputra, dan Widyanta Putra Teja.

"Iya, pemain hanya bisa terdaftar 12 orang saja maksimal (untuk tampil di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021) namun semua pemain punya kesempatan yang sama untuk seleksi baik yang lama maupun yang baru," kata manajer timnas basket Indonesia, Fareza Tamrella, kepada detikSport, Rabu (28/10/2020).

"Keputusan pencoretan nanti sebelum keberangkatan. Rencananya pada 20 November akan diputuskan," lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kriteria paling utama pemilihan pemain ialah kebutuhan tim serta mampu mengaplikasikan sistem yang diterapkan pelatih. "Dan yang hal penting lainnya adalah sehat karena kalau terpapar (COVID-19) tidak memungkinkan untuk berangkat," ujarnya.

Fareza pun berharap seluruh pemain, pelatih, dan ofisial timnas basket Indonesia dalam keadaan sehat hingga waktu pertandingan digelar. Kualifikasi FIBA Asia Cup windows kedua berlangsung di Manama, Bahrain. Indonesia akan menghadapi Thailand pada 28 November, kemudian berjumpa Korea pada dua hari berikutnya.

"Kami sudah membekali pemain dengan pengertian bahwa waktu tinggal tiga pekan lagi. Jadi mereka diharapkan lebih disiplin dan bijak dalam menjalani protokol yang ada. Semoga nantinya kami berangkat dan dalam keadaan sehat semua," harapnya.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com