detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Okt 2020 20:50 WIB

Makna Sumpah Pemuda bagi Pebasket Indonesia

Mercy Raya - detikSport
Rivaldo Tandra di IBL 2020. Aksi Rivaldo Tandra di IBL 2020. (Foto: Dok. IBL)
Jakarta -

Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum bersejarah bagi rakyat Indonesia, tak terkecuali bagi para atlet basket di Tanah Air.

Beberapa dari mereka bahkan memberikan harapannya di hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Bintang Satria Muda, Rivaldo Tandra Pangesthio, salah satunya. Ia berharap momentum Sumpah Pemuda bisa memacunya untuk terus berprestasi mengharumkan nama bangsa.

"Semangat sebagai pemain muda berarti memberikan yang terbaik buat bangsa. Kalau kita atlet pasti punya mimpi untuk mewakili Indonesia di kancah internasional," kata Rivaldo dalam laman IBL.

Menurutnya dengan berprestasi berarti juga menginspirasi generasi lainnya untuk melakukan hal yang sama, termasuk mencintai bangsa Indonesia. Hal itu pun telah ia tunjukkan dengan meraih penghargaan sebagai IBL Rookie of The Year 2020.

Dalam hal perfoma, pemain kelahiran 3 April 1996 itu juga sukses mencetak 4,1 PPG, 2,8 RPG, dan 1,2 APG selama musim reguler. Jauh sebelum itu, Rivaldo juga beberapa kali terpilih untuk memperkuat Tim Nasional 3x3 Indonesia di beberapa turnamen internasional.

Hal serupa diungkapkan pemain muda Bima Perkasa Jogja, Tifan Eka Pradita. Menurutnya, semangat Sumpah Pemuda harus tetap hidup di sanubari pemuda Indonesia tak terkecuali di bidang apapun. Termasuk dirinya yang merupakan pebasket muda."

Sebagai pemain muda harus memiliki semangat pantang menyerah dan terus belajar di luar dan di dalam lapangan," kata Tifan.

"Kita belajar dari pemain yang lebih berpengalaman dan belajar dari apa dan siapa saja. Jangan pernah puas menimba ilmu," dia menambahkan.

Hal itu pun ditunjukkan ketika menjadi debutan pada kompetisi IBL 2020. Kerja kerasnya menuai hasil setelah dipanggil Timnas Elit Muda untuk menjadi pelapis timnas senior Indonesia bertanding di kancah internasional.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com