detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 17 Nov 2020 13:11 WIB

Brandon Jawato Bisa Bela Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup

Mercy Raya - detikSport
Brandon Jawato Brandon Jawato sudah bebas membela Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup. ( Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

Brandon Jawato bisa membela Timnas Indonesia di kualifikasi Asia Cup 2021. Kabar positif itu disampaikan manajer Timnas Fareza Tamrella.

FIBA melalui surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Andreas Zagklis, telah menetapkan Brandon Jawato dapat memperkuat Timnas basket Indonesia 'without restriction'.

Merujuk pada regulasi FIBA kategori ini berarti Brandon bukan dianggap sebagai pemain naturalisasi yang memiliki restriction.

Dengan kata lain, Brandon resmi menyandang status pemain lokal Indonesia pada pergelaran kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 windowds kedua mulai 23 November nanti di Manama, Bahrain.

"Akhirnya Brandon oleh FIBA dianggap sebagai pemain lokal. Ini sangat menguntungkan kami. Jadi, keduanya (Brandon dan Lester Prosper) bisa ditampilkan bersaman di Bahrain nanti," kata Fareza dalam rilisnya.

Dalam suratnya, FIBA mempertimbangkan beberapa faktor yang mendasari keputusannya tersebut, diantaranya adalah adanya darah Indonesia dari ayah Brandon. Selain itu, partisipasi Brandon di kompetisi basket di tanah air serta durasi tinggal di Indonesia yang dinilai telah cukup lama yakni sejak 2015.

"Terima kasih kepada Perbasi yang ikut berjuang dalam hal ini dan FIBA dengan keputusan tersebut. Mereka ternyata juga mengerti permasalahan Brandon. FIBA juga memberikan dukungan kepada Indonesia," ujarnya.

Dengan status baru Brandon maka skuad Rajko Toroman diprediksi bakal kuat dan mampu bersaing melawan Thailand dalam laga lanjutan kualifikasi.

Indonesia berada di Grup A bersama Korea Selatan, Filipina, dan Thailand. Saat ini, Merah-Putih berada di peringkat tiga setelah menelan kekalahan dua kali pada kualifikasi windows pertama.

Andakara Prastawa dkk kalah dari Filipina dengan skor 70-100 dan Korea Selatan 76-109 di rumah sendiri pada Februari lalu.

"Brandon akan memberikan dampak besar bagi Indonesia. Kami sudah siap berlaga di Bahrain. Kami menyiapkan semuanya. Secara sistem dan strategi permainan kami siap," ucap Fareza.



Simak Video "Timnas Basket Filipina Libas Kazakhstan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com