detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 17 Nov 2020 17:55 WIB

Jelang Kualifikasi Piala Asia, Timnas Basket Rutin Tes Swab

Mercy Raya - detikSport
Tim basket putra Korea Selatan dengan menyakinkan membungkam tuan rumah tim putra basket Indonesia dengan skor telak (109-76), yang berlangsung di Sport Mal Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (20/2/2020) malam. Timnas Basket Indonesia bebas virus Corona menjelang kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. (Foto: detikcom/Rengga Sancaya)
Jakarta -

Timnas basket Indonesia dipastikan terbebas dari virus Corona menjelang kualifikasi Asia Cup 2021. Hasil itu diperoleh usai mereka melakukan tes swab kemarin.

Skuad Rajko Toroman akan melanjutkan pertandingan lanjutan kualifikasi windows kedua di Manama, Bahrain, akhir November ini. Menuju itu, kesehatan Brandon Jawato dkk mulai diperketat.

Caranya dengan melakukan tes kesehatan secara rutin. Terbaru, Timnas basket Indonesia melakukan tes usap pada Senin (16/11). Hasilnya, semua pemain dan ofisial dinyatakan negatif.

"Mereka memang harus swab dan alhamdullilah kemarin sudah. Hari ini (17/11) hasilnya sudah keluar dan semua negatif," kata Fareza kepada pewarta.

Rencananya, akan ada tes kesehatan lanjutan pada Jumat (20/11). Sebab, dua hari berikutnya Timnas sudah harus bertolak ke Bahrain.

"Jadi 72 jam sebelum keberangkatan harus swab kembali. Semoga saja sampai di Bahrain ama semua ya, karena setelah mendarat kami tes usap lagi. Jadi swab terus," ujarnya.

Tak hanya mengecek kesehatan, akses keluar masuk pemain dari hotel juga mulai dibatasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari terpapar COVID-19.

"Dari pekan lalu sudah kami perketat. Di sini memang yang paling utama kesabaran ya karena tidak mau ada yang sakit. Tapi bukan berarti kami kurung, toh mereka sudah cukup dewasa (menyikapi) aturan," dia menjelaskan.

"Apalagi sebentar lagi mereka sudah bertolak ke Bahrain. Jadi kalau urgent banget baru bisa keluar, selain latihan."

Timnas basket saat ini masih berisi 15 pemain. Toroman akan memangkas kembali untuk mendapatkan 12 pemain terbaik yang akan tampil di ajang tersebut. Mereka akan menghadapi Thailand, kemudian Korea.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com