detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 29 Nov 2020 17:00 WIB

Indonesia Masih Belum Aman di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2020

Mercy Raya - detikSport
Timnas Basket Indonesia Timnas Indonesia belum aman terkait peluang lolos ke FIBA Asia Cup 2021 (dok.Perbasi)
Manama -

Timnas basket Indonesia akhirnya menang juga di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Tapi, posisi skuad Rajko Toroman itu belum aman.

Brandon Jawato dkk menghadapi pertandingan kualifikasi menghadapi Thailand di Khalifa Sport City, Manama, pada Sabtu (28/11/2020). Dalam laga tersebut, Timnas berhasil membungkam negeri Gajah Putih dengan skor 90-76.

Dua pemain naturalisasi mereka Brandon Jawato dan Lester Prosper memberikan penampilan impresif pada debutannya. Meski di kuarter pertama sempat tertinggal 18-20, namun mereka berhasil mengejar dan berbalik unggul hingga pada kuarter pamungkas.

Brandon mengemas 22 poin dan delapan rebound, sementara Prosper mengumpulkan 19 poin dan 13 rebound. Begitu pula dengan Abraham Damar yang berhasil mengoleksi 22 poin, disusul Andakara Prastawa yang mengemas 15 poin.

Manajer Timnas basket, Fareza Tamrella, puas dengan perfoma timnya. Meskipun ada beberapa catatan. "Pada awal pertandingan khususnya di quarter 1 para pemain timnas agak terlambat panas. Namun setelah memasuki babak kedua timnas mulai bermain baik secara defense serta akurasi offense juga baik. Mereka juga mampu konsisten sehingga bisa meraih kemenangan," kata Fareza kepada detikSport, Minggu (29/11/2020).

Indonesia masih mempertahankan posisinya di peringkat ketiga klasemen grup A dengan rincian satu kemenangan dan dua kalah. Di bawah Korea Selatan dan Filipina yang sampai kini keduanya belum terkalahkan dalam dua laga yang dilakoni. Sedangkan Thailand di posisi buncit.

Indonesia masih harus berjuang jika ingin lolos dua besar. Mereka akan menghadapi Korea dan Filipina, serta Thailand di windows ketiga yang berlangsung Februari 2021.

Diketahui dua tim teratas klasemen grup bisa langsung di FIBA Asia Cup 2021. Adapun peringkat tiga dari enam grup harus berjuang di babak play-off untuk memperebutkan empat slot yang tersisa.

"Jadi memang belum aman karena di windows 3 kita akan lawan Thailand lagi. Jadi ada tiga game tahun depan," sambung Fareza.

"Tapi kemungkinan (Indonesia) tetap masuk playoff, apabila Korea dan Filipina berhasil mengalahkan Thailand."

Timnas basket Indonesia dijadwalkan kembali ke tanah air pada Minggu (29/11) sore dan tiba di Jakarta pada keesokan harinya. Mereka akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk persiapan menjelang windows ketiga tahun depan.

(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com