detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 28 Nov 2020 22:03 WIB

Hasil Kualifikasi FIBA Asia 2021: Indonesia Tundukkan Thailand 90-76

Adhi Prasetya - detikSport
logo Timnas basket Indonesia menang 90-76 atas Thailand. Foto: Mercy Raya/detikSport
Manama -

Indonesia meraih kemenangan perdana di Kualifikasi FIBA Asia 2021. Menghadapi Thailand, Arki Wisnu dkk menang 90-76.

Bermain di Khalifa Sport City, Manama, Bahrain, Sabtu (28/11/2020) malam WIB, Indonesia bermain dengan diperkuat dua pemain yang baru saja resmi dinaturalisasi, yakni Brandon Jawato dan Lester Prosper. Namun kemenangan tak diraih dengan mudah.

Indonesia yang lambat panas membuat Thailand lebih dulu memimpin di kuarter pertama dengan skor 20-18. Pada kuarter kedua, Indonesia bangkit dan mencetak 30 poin, sedangkan Thailand hanya menambah 27 poin, sehingga paruh pertama ditutup dengan keunggulan tipis 48-47.

Di kuarter ketiga, permainan agak sedikit melambat, namun tak mengendurkan semangat juang Indonesia. Tim merah-putih masih bisa menambah 22 angka, dan hanya memberikan 13 angka untuk Thailand, sehingga skor menjadi 70-60 untuk Indonesia.

Di kuarter penutup, keunggulan poin yang cukup jauh membuat Indonesia tampil lebih nyaman. 20 angka berhasil dihasilkan Indonesia, sedangkan Thailand hanya bisa meraih 16 angka tambahan. Skor pun ditutup dengan kemenangan 90-76 untuk Indonesia.

Jawato menjadi salah satu bintang kemenangan di laga ini, dengan melesakkan 22 poin serta mencatat 8 assist dan 8 rebound. Abraham Damar Grahita juga tampil gemilang, dengan raihan 22 poin, 2 assist, dan 6 rebound.

Prosper turut berkontribusi besar di laga ini, dengan torehan 19 poin, 3 assist, dan 13 rebound. Sementara Andakara Prastawa mencetak 15 poin, 3 rebound, dan 3 assist.

Hasil ini menjadi kemenangan perdana di Indonesia di kualifikasi, setelah sebelumnya takluk atas Korea Selatan dan Filipina pada Februari lalu di Jakarta.

Indonesia pun kini menggeser Thailand dan menepati urutan ketiga klasemen sementara Grup A dengan 4 poin. Indonesia masih akan memainkan tiga laga kualifikasi lagi, yang semuanya akan digelar tahun depan.

(adp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com