detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 01 Des 2020 17:10 WIB

Pemain Beberkan Timnas Basket Masih Punya Kekurangan

Mercy Raya - detikSport
Abraham Damar Grahita, pemain Timnas Basket. Abraham Damar Grahita mengungkap kekurangan di Timnas Basket. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Pemain Timnas basket Abraham Damar Grahita mengakui timnya belum maksimal saat melawan Thailand di Kualifikasi FIBA Asia 2021. Ia bilang masih ada kekurangan.

Indonesia berhasil menekuk tim negeri Gajah Putih dengan skor 90-76 pada lanjutan kualifikasi windows kedua yang bergulir di Manama, Bahrain, Sabtu pekan lalu.

Dari angka itu, Abraham termasuk salah satu pemain yang produktif. Ia menyumbang 22 poin. Selain Abraham, ada Brandon Jawato mengemas 22 poin dan delapan rebound, Lester Prosper 19 poin dan 13 rebound, serta Andakara Prastawa 15 poin.

Meski meraih kemenangan, Abraham menilai perfoma Timnas belum lah maksimal. Ia merasa masih perlu banyak perbaikan.

"Mainnya belum 100 persen. Pertama karena adaptasi di Manama juga kurang, ini yang jadi bikin lumayan berat. Selain itu, Thailand juga menggunakan zone defense yang cukup menyulitkan buat kami berkembang," kata Abraham kepada detikSport, Selasa (1/12/2020).

Skuad Rajko Toroman memang bisa dibilang hanya memiliki satu hari untuk beradaptasi di lapangan. Timnas basket bertolak ke Manama pada Kamis (26/11) dan bertanding dua hari berikutnya. "Ya, seharusnya tambah sehari lagi (untuk adaptasi) itu sudah oke sih," ujarnya.

Sehubungan dengan itu, Peraih MVP IBL 2019-2020 ini berharap pada kualifikasi windows ketiga ia bersama timnya bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Sampai saat ini, belum diketahui lokasi pertandingan yang akan bergulir Februari 2021 tersebut. Tapi yang pasti, Merah-Putih akan menghadapi Korea Selatan dan Filipina.

"Ya, harapannya bisa main lebih baik lagi dari window-window sebelumnya dan progresnya kelihatan."

Indonesia saat ini berada di peringkat tiga klasemen Grup A dengan perolehan empat poin di bawah Filipina (6 poin) dan Korea Selatan (4 poin), sedangkan Thailand di posisi buncit setelah mengalami empat kali kekalahan.

Dua peringkat teratas akan langsung lolos FIBA Asia Cup 2021 setelah melakoni tiga windows. Sementara peringkat tiga dari enam grup masih harus main di babak playoff untuk memperebutkan 4 slot tersisa.

(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com