Ponsianus Nyoman 'Komink' Indrawan: Kembali dari Pensiun ke IBL Lagi

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 19 Des 2020 13:15 WIB
Ponsianus Nyoman Komink Indrawan
Ponsianus Nyoman 'Komink' Indrawan: Kembali dari Pensiun ke IBL Lagi (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta -

Ponsianus Nyoman 'Komink' Indrawan memutuskan kembali dari masa pensiunnya sebagai pebasket. Dia membela Bali United karena merupakan tanah kelahirannya.

Komink, demikian Ponsianus Nyoman Indrawan dikenal sebagai salah satu power forward terbaik di tanah air. Karier terbaiknya saat ia mempersembahkan juara Indonesian Basketball League (IBL) 2016-2017 untuk tim Pelita Jaya.

Tidak hanya menjadi legenda klub asal Jakarta, Ponsianus juga kerap mengisi skuad Timnas basket Indonesia. Sampai akhirnya pada 2019, ia memutuskan untuk gantung sepatu. Selain kontrak habis, usia juga salah satu faktor ia memutuskan ambil jalan tersebut.

Lebih dari setahun berjalan, Ponsianus ternyata membuat kejutan dengan comeback ke kompetisi bola basket tanah air. Kali ini ia membela klub asal tanah kelahirannya Bali United.

"Alasan saya sederhana karena yang menawari saya untuk comeback adalah Bali United," kata Ponsianus dalam laman IBL.

Pria kelahiran 13 Agustus 1985 ini, semakin yakin dengan keputusannya setelah meminta permintaan langsung dari legenda basket Bali lainnya, I Made Sudiadnyana.

Sudah begitu, skuad yang dipilih tim berjuluk Tridatu Warriors, mayoritas pemain yang sama-sama berkeximpung di klubnya terdahulu Pelita Jaya. Seperti Daniel Wenas, Yo sua, Yeriko Tuasela, hingga Tri Hartanto.

"Lolik ( I Made Sudiadnyana) secara khusus meminta kepada saya untuk membela Bali United. Dia menelepon saya saat saya sedang bernegosiasi dengan manajemen Bali United, kalau boleh saya katakan, Lolik memaksa saya untuk mau kembali bermain," dia mengungkapkan.

Sementara itu, pelatih kepala tim basket Bali United, Aleksandar Stefanovski mengungkapkan kebanggaannya menjadi bagian dari tim Bali United.

Pelatih yang memiliki FIBA Coaching Certificate, Macedonian Basketball Federation ini memiliki target untuk membawa tim asal pulau dewata ini berprestasi nasional.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan Bali United Basketball Club. Kita tahu Bali United adalah tim sepak bola dengan suporter yang fanatik, namun kini mereka juga memiliki tim basket. Saya sangat bangga menjadi bagian dari klub ini," kata Aleksandar, terpisah.

"Bali United Basketball Club adalah tim baru yang bermain di kasta tertinggi Liga Nasional. Tentu menjadi sebuah tantangan untuk saya sebagai pelatih mempersatukan visi dan misi bermain tim ini. Tapi target saya ingin membawa tim ini menjadi yang terbaik di kompetisi yang akan datang," ujarnya.

IBL direncanakan berlangsung di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 15 Januari mendatang. Kompetisi akan berlangsung dengan sistem gelembung dan tanpa penonton karena pandemi Corona.

(mcy/aff)