detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 13 Feb 2021 12:35 WIB

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Qatar Batal Digelar

Mercy Raya - detikSport
Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Qatar Batal Digelar . Foto: Dok. FIBA
Jakarta -

Pelaksanaan kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 windows ketiga di Qatar resmi dibatalkan. Timnas basket Indonesia masih tunggu lokasi dan jadwal baru.

Kualifikasi terakhir untuk menentukan tim yang lolos ke babak final kompetisi kontinental itu seharusnya berlangsung di Doha, pada 17-23 Februari. Yang mana Indonesia termasuk salah satu tim yang akan bertanding di sana.

Skuad Rajko Toroman termasuk dalam grup A kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 bersama Korea, Filipina, dan Thailand. Selain mereka, Qatar juga menjadi host untuk grup B dan E.

Tapi jelang keberangkatan, FIBA dan tuan rumah memutuskan untuk membatalkan pada Kamis (11/2). Peningkatan kasus pandemi Corona di negara tersebut menjadi alasan utama kompetisi itu tidak bisa terlaksana.

"Iya, kami dapat informasinya seperti itu. Untuk lokasi negara Qatar di-cancel. Tapi kalau pelaksanaan kualifikasinya itu sendiri FIBA masih mencari jadwal dan lokasi negara yang tepat setidaknya sampai 10 hari ke depan," kata manajer Timnas basket Indonesia Fareza Tamrella kepada detikSport, Sabtu (13/2/2021).

Menurut Fareza, Arki Dikania Wisnu dkk sejatinya akan terbang ke Qatar pada Minggu (14/2). Tapi karena adanya pembatalan ini training camp Timnas basket otomatis diperpanjang sampai ada informasi terbaru.

"Masih terus lanjut di GBK Arena, Jakarta, setidaknya sampai ada kepastian 10 hari ke depan. Sekitar 22 Februari, lah, baru kami putuskan," ujarnya.

"Harapannya sih tidak jauh-jauh, artinya sebelum Februari berakhir sudah dapat kepastian, karena ini kan tidak bisa dikabari besok jalan. Minimal ada waktu untuk menyelesaikan administrasi, tiket, visa dan lainnya."

Mocha, panggilan karib Fareza Tamrella, mengatakan keinginan itu juga didasari rencana Indonesia akan menggelar liga pada Maret mendatang.

"Kalau mepet kan susah karena pemain mesti karantina lagi saat gabung dengan tim. Mereka kan perlu adaptasi juga," tuturnya.

Terlepas dari pembatalan itu, Timnas basket Indonesia sejatinya telah memastikan lolos ke FIBA Asia Cup 2021. Keikutsertaan timnas di kualifikasi hanya sebagai uji coba sebelum tampil pada laga sesungguhnya, yang mana Indonesia didapuk menjadi tuan rumahnya.

(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com