Jelang Vaksinasi COVID-19, Timnas Basket Segera Kumpulkan Pemain

Mercy Raya - Sport
Senin, 22 Feb 2021 12:55 WIB
Timnas Basket Putra
Timnas Basket akan divaksin COVID-19 pekan ini, pemain segera berkumpul. (Foto: detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

Timnas basket Indonesia segera mengumpulkan seluruh pemainnya untuk bersiap menerima vaksinasi COVID-19. Harapannya sebelum Jumat pekan ini.

Menurut manajer Timnas basket, Fareza Maulana, pihaknya sempat memulangkan pemainnya ke klub masing-masing karena windows ketiga kualifikasi grup A FIBA Asia Cup 2021 yang batal terlaksana.

Kualifikasi basket itu seharusnya berlangsung di Doha, Qatar pada 19-23 Februari, tapi urung digelar karena meningkatnya kasus COVID-19 di negara tersebut.

Sehubungan itu, Kemenpora juga telah menjadwalkan untuk pemberian vaksinasi COVID-19 kepada atlet, ofisial, dan tenaga pendukung di Istora GBK pada 26 Februari. Timnas Basket termasuk di antaranya.

"Kami sedang koordinasi untuk mengumpulkan anak-anak. Senin pekan lalu sempat dipulangkan karena tidak ada kepastian kapan main atau windows dilaksanakan kembali. Kita semua masih menunggu juga," kata Fareza kepada detikSport, Senin (22/2/2021).

"Tapi kami juga tetap mendukung program vaksinasi COVID-19 yang dianjurkan oleh pemerintah. Jadi kami akan jalani semua program tersebut dan harapannya (pebasket) sudah kumpul semua sebelum vaksinasi digelar," dia menambahkan.

Sebagai gambaran, vaksinasi COVID-19 merupakan program pemerintah yang diberikan secara gratis untuk seluruh warga negara Indonesia.

Khusus atlet sendiri, Menpora Zainudin Amali telah mengusulkan agar atlet dan pelatih cabang olahraga bisa mendapat prioritas menyusul banyak agenda olahraga yang berlangsung di tahun ini.

Kemenpora bahkan telah mendaftarkan 1.500 atlet dari 20 cabang olahraga dan Sekolah Khusus Olahraga untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi akan diberikan secara bertahap. Hari pertama berlangsung Jumat pekan ini dengan jumlah 300 orang terdiri atlet, ofisial, dan tenaga pendukung dari 14 cabang olahraga di Istora GBK.

(mcy/cas)