detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Feb 2021 13:25 WIB

Menpora Undang Perbasi dan IBL untuk Bahas Kompetisi

Mercy Raya - detikSport
Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali akan mengundang Perbasi dan IBL. (Foto: Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali akan mengundang PP Perbasi dan operator Indonesian Basketball League (IBL). Pertemuan itu untuk membahas kompetisi.

Pertemuan rencananya dilakukan pada Kamis (25/2/2021). Di hadapan Menpora, IBL akan memaparkan sejumlah hal berkaitan dengan rencana mereka menggelar kompetisi pada Maret mendatang.

"Rencana Kamis siang. Agendanya sama dengan Rakor dengan PSSI dan PT LIB yang lalu," kata Menpora Amali kepada detikSport, Selasa (23/2/2021).

Jika merujuk Rakor dengan sepakbola, rincian rapatnya berupa mendengarkan presentase dari federasi cabor dan panitia penyelenggara, serta penjelasan tentang persiapan pelaksanaan kompetisi dan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Kemudian, pihak yang hadir dalam rapat akan memberi penilaian terhadap paparan tersebut.

Menteri asal Gorontalo itu pun berharap jika sudah sesuai prosedur dengan penerapan Prokes (Protokol kesehatan) yang ketat maka izin bisa didapatkan.

"Pada saat rakor tentang izin sepakbola, Dirut IBL (Junas Miradiarsyah) sudah saya undang untuk mendengarkan. Tujuannya supaya beliau bisa melihat langsung presentasi dari PSSI dan LIB sehingga saat Perbasi dan IBL mengajukan permohonan izin sudah ada panduan yang bisa jadi standar penerapan disiplin prokes yang ketat," ujar Amali.

Sementara itu, Direktur Utama IBL, Junas Miradiasyah, berharap bisa mendapat kepercayaan untuk menggelar kegiatan sehingga kompetisi bisa dijalankan awal Maret ini.

Sebelumnya, ia juga telah menjelaskan sejumlah langkah-langkah yang telah ia siapkan ketika bertemua dengan Pemerintah.

"Dokumen protokol kesehatan yang telah mendapat rekomendasi langsung Kementerian Kesehatan dan Satgas COVID-19, simulasi rinci yang telah disiapkan, termasuk bagaimana penerapan pengawasan protokol karena fungsi pengawasan merupakan hal yang penting. Selain itu, memastikan agar penggemar tetap bisa terlayani tanpa harus datang ke lokasi," kata Junas kepada detikSport, waktu lalu.

IBL sendiri telah menekankan bakal menggunakan sistem bubble saat menggelar kompetisi IBL 2021. Nantinya, Britama Arena Kelapa Gading akan menjadi lokasi pusat dari rangkaian liga.

Simak video 'Sowan ke Kapolri, Menpora Bahas Pembukaan Kegiatan Kepemudaan-Olahraga':

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com