Pesan Jokowi di Final IBL 2021

Mercy Raya - Sport
Kamis, 03 Jun 2021 20:20 WIB
Menpora Zainudin Amali di final IBL 2021.
Menpora Zainudin Amali di final IBL 2021, menyampaikan pesan Presiden Jokowi. Foto: Mercy Raya/detikcom
Jakarta -

Pertandingan final Indonesia Basketball League (IBL) musim 2021 resmi dimulai. Presiden RI Joko Widodo menitipkan pesan-pesannya kepada seluruh peserta.

Final IBL berlangsung di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Kamis (3/6/2021) pukul 19.00 WIB. Ajang yang sedianya dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi batal dilakukan lantaran orang nomor satu Indonesia memiliki kegiatan yang bersamaan waktunya.

Pembukaan pun diwakilkan oleh Menpora Zainudin Amali. Kendati tidak bisa menghadiri secara langsung, eks Walikota Solo itu ternyata menitipkan pesan-pesannya kepada Amali. Salah satunya pernyataan permohonan maaf.

"Pertama saya ingin menyampaikan permohonan maaf dari Presiden, sedianya beliau ingin datang langsung tapi ada kegiatan yang berlangsung bersamaan, sehingga saya ditugaskan langsung oleh Bapak Presiden untuk mewakili beliau," kata Amali di sela-sela sambutannya dalam final IBL 2021 di Mahaka Arena.

"Salam hangat dari bapak presiden untuk para peserta IBL dan seluruh hadirin sekalian. Beliau menaruh harapan perkembangan basket di tanah air karena 2021 akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup (Agustus), kemudian 2023 akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup," dia menuturkan.

"Oleh karena itu, pertandingan seperti ini akan menjadi penyemangat buat kegiatan olahraga umumnya bola basket dan diharapkan akan melahirkan talenta dan bibit-bibit untuk mengisi skuad Timnas kita," ujarnya.

Menteri asal Gorontalo itu lantas berharap agar pertandingan final yang menerapkan sistem bubble ini bisa berjalan lancar dan nol kasus virus COVID-19. Sebab, ajang ini sekaligus sebagai upaya pemerintah mengembalikan geliat kegiatan olahraga di tengah wabah Corona.

"Kami tentu berharap penyelenggaraan final ini berakhir baik karena kita sudah teruji di Cisarua selama sudah satu bulan penuh (fase pertama IBL) melakukan kegiatan dengan prokes ketat. Karena itu, kita berkontribusi jangan sampai terjadi penularan dan klaster (COVID-19)," imbau politikus Golkar ini.

"Saya sengat berterima kasih kepada pengurus IBL yang menunjukkan keseriusan dan semangat luar biasa menggerakkan kegiatan olahraga, bola basket, tapi juga menerapkan prokes yang disiplin dan ketat. Saya minta kita menjaga dan membantu dalam upaya-upaya pemerintah dalam penanganan COVID-19 ini."

Selain mewanti-wanti terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan secara ketat, Presiden melalui Amali juga meminta agar para pemain basket bisa menjunjung sportivitas, meskipun tidak ada penonton yang menyaksikan final IBL 2021 secara langsung di lapangan.

"Main sebagus mungkin, karena walaupun di ruangan ini atau di hall basket tak ada penonton, tapi penonton menonton dari jaringan yang disediakan penyelenggara," ujarnya.

"Oleh karena itu jaga sportivitas dan tunjukkan permaiann terbaik dari semua. Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, atas nama Presiden Joko Widodo saya nyatakan mulai pertandingan final pada malam ini," Amali mengucapkan.

(mcy/krs)