ADVERTISEMENT

Hangtuah Jadi Amartha Hangtuah Lagi di IBL 2022

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 17 Des 2021 15:30 WIB
Hangtuah berubah nama jadi Amartha Hangtuah di IBL 2022
Hangtuaj jadi Amartha Hangtuah di IBL 2022 (dok.Amartha Hangtuah)
Jakarta -

Hangtuah Jakarta tetap didukung sponsor lamanya untuk berkiprah di IBL 2022, yakni Amartha. Alhasil klub basket itu berubah nama jadi Amartha Hangtuah.

Amartha sudah mendukung Hangtuah sejak IBL 2019. Namun, di masa pramusim ini, Hangtuah kembali memakai nama Hangtuah Jakarta dalam setiap aksinya.

Ini menimbulkan pertanyaan, apakah Hangtuah sudah berpisah dengan perusahaan mikro finansial itu atau belum? Kepastian itu akhrnya didapat setelah Hangtuah meneken kerjasama dengan Amartha Mikro Fintek, Jumat (17/12/2021).

Hangtuah resmi berganti nama jadi Amartha Hangtuah untuk dua musim, yakni IBL 2022 dan 2023. Hal ini jelas membuat kubu Hangtuah senang karena mereka bisa fokus mengejar target lima besar IBL musim ini, sekaligus melupakan prestasi buruk musim lalu karena cuma finis kedua dari bawah.

"Kami menyambut baik kerja sama ini. Apalagi, selama ini kita sudah sejalan dalam hal membangun tim dan membantu perkembangan bola basket Tanah Air," kata Gading Ramadhan Joedo selaku Presiden Hangtuah dalam rilis kepada detikSport.

Menurut Amartha, kesamaan visi dan misi dengan Hangtuah Jakarta menjadi dasar mereka melanjutkan kerja sama tersebut.

"Sejak awal berdiri, Amartha Mikro Fintek mengedepankan semangat gotong royong dalam membantu perkembangan sebuah usaha. Semangat itu jualah yang kami lihat ada di tim Hangtuah Jakarta, mulai dari manajemen hingga para pemain. Kami sama-sama punya fighting spirit untuk berkompetisi dengan pesaing lain yang sudah punya nama besar," ujar CFO Amartha Mikro Fintek Ramdhan Anggakaradibrata.

Hal senada diungkapkan Eddi Danusaputro selaku Ketua Harian Hangtuah Jakarta. Menurut dia, Amartha dan Hangtuah punya visi-misi sama, yakni membuktikan bahwa mereka bisa bersaing di dunia olahraga serta fintech yang tengah menjamur saat ini, meski bukan nama besar.

"Amartha adalah sebuah startup yang masih tumbuh dan seringkali berhadapan dengan kompetitor yang lebih besar dan mapan. Begitu juga dengan Hangtuah yang kerap dianggap underdog. Ditambah lagi, tim ini terdiri atas pemain dari banyak daerah. Sama dengan Amartha yang beroperasi di banyak daerah di Indonesia," tutur Eddy.

Saat ini, Hangtuah tengah menjalani persiapan IBL 2022. Sejumlah laga uji coba sudah dilakoni dengan menghadapi sesama klub peserta, sebelum liga dimulai pertengahan Januari.

Amartha Hangtuah tergabung di Divisi Putih, bersaing dengan Pelita Jaya Jakarta, Dewa United Surabaya, Prawira Bandung, Bali United Basketball, NSH Mountain Golf Timika, Rans PIK Basketball, dan Evos Bogor Basketball.

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT