Perbasi Usul IBL 2022 Dihadiri 10-20 Persen Penonton

Mercy Raya - Sport
Jumat, 17 Des 2021 19:50 WIB
Louvre Dewa United vs Bima Perkasa
Foto: dok. IBL
Jakarta -

PP Perbasi berharap pelaksanaan Indonesia Basketball League (IBL) 2022 dapat dihadiri 10-20 penonton.

Permintaan itu mereka utarakan melalui Sekretaris Jenderal Perbasi, Nirmala Dewi, dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan IBL dan Proliga bersama Menpora Zainudin Amali, kepolisian, serta Kemenkes, di Kantor Kemenpora, pada Jumat (17/12/2021).

"Kapasitas yang kami diajukan memang antara 10 sampai 15, hingga 20 persen jika itu mendapatkan izin," kata Nirmala dalam jumpa persnya.

Adapun alasan Perbasi berupaya menghadirkan penonton pada kompetisi tahun depan karena desakan dari pecinta bola basket yang ingin menyaksikan pertandingan secara langsung. "Tentu kami dalam rapat tadi juga sudah berkomitmen bahwa kami akan menyesuaikan kondisi di daerah. Kita tidak tahu hari ini adalah kondisi zona hijau, kalau ke depan ada perubahan kami akan dengan disiplin mengikuti protokol yang ditetapkan Satgas setempat," ujarnya.

Akan tetapi di tengah pengajuan menghadirkan penonton di dalam kompetisi muncul virus Omicron. Varian baru COVID-19 yang tengah 'naik daun' dan kini kasusnya sudah ditemukan di Indonesia.

"Mengantisipasi virus Omicron, memang kami sudah mendengar bahwa pemerintah sudah akan berlakukan booster. Itu adalah salah satu yang akan kita ajukan, terutama kepada atlet-atlet kami. Sementara mengenai persiapan IBL, Prokesnya akan kami perketat dan sekali lagi mengenai penonton akan kami koordinasikan dengan daerah," tuturnya.

"Undangan (tamu) tentu ada, jadi setiap pertandingan kami mengalokasikan undangan, tapi jumlahnya sangat terbatas sekali. Seperti tahun kemarin kami memberlakukan PCR," lanjutnya.

"Sementara untuk penonton pemesanan tiket dan lain sebagainya melalui aplikasi. Nantinya, itu juga akan terhubung dengan Peduli Lindungi, jadi kita sudah tahu penonton ini sudah divaksin atau belum dan seperti apa kondisinya. Tentu kapasitas dan jarak akan kami batasi."

IBL dijadwalkan berlangsung di enam kota mulai 15 Januari hingga 29 Mei. Ada 16 klub yang memastikan keikutsertaannya.

Tonton juga Video: Jelang IBL 2020, Timnas Basket Boyong 3 Pemain Baru

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/aff)