Bumi Borneo Basketball, Anak Baru yang Siap Kejutkan IBL 2022

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 22 Des 2021 00:56 WIB
Bumi Borneo Basketball sebagai pendatang baru di IBL 2022
Bumi Borneo Basketball merupakan pendatang baru di IBL 2022 (dok.Bumi Borneo Basketball)
Jakarta -

Bumi Borneo Basketball memang tim baru di Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Tapi, Bumi Borneo ingin membuktikan kalau mereka bisa bicara banyak di musim debutnya.

Dari 16 tim yang berlaga di IBL 2022, ada lima tim pendatang baru, salah satunya Bumi Borneo dan jadi satu-satunya perwakilan Kalimantan di kompetisi basket tertinggi tanah air tersebut.

Sebagai peserta baru, salah satu misi Bumi Borneo adalah ingin menjadi jembatan bagi talenta dari luar pulau Jawa. Ini dibuktikan dengan komposisi pemain yang terdiri dari enam pemain asal Kalimantan dan dua pemain asal luar Jawa, dari total 14 pemain lokal.

Sementara itu, ada dua pemain asing direkrut Bumi Borneo yakni Austin Mofunanya dan Randy Bell. Sebagai pelatih kepala, ditunjuklah Tondi Raja Syailendra yang berjanji akan memaksimalkan para pemain muda demi membawa harum nama Kalimantan.

"Persiapan tim sejauh ini sudah sejalan dengan misi dan target Bumi Borneo, yakni memaksimalkan talenta dari luar pulau Jawa. Prioritas utama kami dalam jangka pendek ini adalah mengombinasikan para pemain muda ini dengan beberapa pemain senior, serta memperbanyak jadwal latih tanding," ujar Tondi Raja dalam rilis kepada detikSport.

Bumi Borneo diperkenalkan secara resmi kepada publik, Senin (20/12/2021) kemarin. Dalam acara itu, hadir juga pemilik sekaligus pendiri Bumi Borneo Yansen Kamto dan Isenta Hioe.

Yansen dikenal sebagai venture capital investor di perusahaan berbasis teknologi (tech startup), sementara Isenta Hioe sebelumnya juga pernah menjabat sebagai direksi klub Serie A Inter Milan dan juga investor di sektor riil di Indonesia.

Yansen dan Isenta juga menggandeng beberapa tokoh yang akrab dengan basket Indonesia, seperti Jovial da Lopez dan Timothy Ronald sebagai Co-Owners, serta mantan pemain Ali Budimansyah sebagai wakil presiden serta Rivaldo Tandra sebagai Head of Talent Growth.

Dengan adanya Ali Budimansyah yang sudah kenyang pengalaman di basket nasional, Bumi Borneo berharap bisa mencapai hasil maksimal di musim debutnya, sekaligus mempertahankan eksistensi klub ke depannya.

Bumi Borneo Basketball sebagai pendatang baru di IBL 2022Bumi Borneo Basketball sebagai pendatang baru di IBL 2022 Foto: dok.Bumi Borneo Basketball

"Pastinya saya akan bekerja sama dengan semua elemen yang ada di klub, khususnya owner, manajemen, head coach dan jajarannya untuk memperkuat pondasi klub hingga roadmap masa depan" ungkap Ali.

Sementara itu Yansen Kamto selaku owner optimistis Bumi Borneo bisa berbicara banyak di IBL 2022.

"Saya optimistis klub baru yang sedang kami rintis ini dapat bersaing dengan klub lainnya di IBL. Kami akan berusaha keras memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pontianak, Kalimantan, dan seluruh ekosistem bola basket Indonesia," papar Yansen.

Roster pemain lokal Bumi Borneo Basketball
1. A.A Ngurah Wisnu Budidharma
2. Agam Subastian
3. Ahmad Junaidi
4. Arion Tio
5. Budianto
6. Endru Bagaskara
7. Julius Caesar Wongso
8. Kelvin Tirta Sanjaya
9. Leo Agus
10. Raymond Shariputra
11. Rillo Agum Kumara
12. Steven Orlando
13. Vincent Sanjaya
14. Yanto

Roster pemain asing
1. Austin Mofunanya
2. Randy Bell



Simak Video "Momen Gading Marten Bertemu Gibran di Solo Jelang IBL 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)