Amartha Hangtuah Bakal Lawan Satria Muda, Ini Evaluasi Pelatihnya

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 30 Jan 2022 18:13 WIB
Pelatih Amartha Hangtuah AF Rinaldo
Pelatih Amartha Hangtuah AF Rinaldo siapkan strategi hadapi SM Pertamina (dok.Amartha Hangtuah)
Bandung -

Amartha Hangtuah Jakarta akan menghadapi Satria Muda Pertamina di laga pembuka seri kedua IBL 2022. Ada satu hal harus dilakukan Hangtuah jika ingin menang.

Hangtuah dalam kepercayaan diri tinggi setelah memenangi empat pertandingan di seri pertama IBL musim ini. Itulah yang jadi modal saat Hangtuah melakoni seri kedua di Bandung yang dimulai 29 Januari selama sepekan ke depan.

Setelah musim lalu yang terbilang buruk, Hangtuah mampu bangkit dan membuktikan bahwa mereka bisa jadi salah satu kandidat juara musim ini. Apalagi mereka dilatih AF Rinaldo yang sarat pengalaman sebagai pemain dan pelatih.

Menurut Rinaldo, kunci sukses Hangtuah dalam empat pertandingan awalnya adalah chemistry antarpemain terjalin baik dan mampu menerjemahkan taktik pelatih sehingga sulit dikalahkan lawan.

"Tim Hangtuah memiliki skuad yang cukup komplet. Sampai saat ini mereka bisa menjalankan perannya masing-masing, tetapi tetap dalam sistem yang kami install baik dari segi defense maupun offense," ujar AF Rinaldo dalam rilis kepada detikSport.

"Kunci keberhasilan Hangtuah adalah kerja sama dan kemauan yang keras dari semua pemain, baik yang ada di lapangan atau yang ada di bench. Serta disiplin dalam menjalankan gameplan di setiap pertandingan," sambung Rinaldo.

Penampilan oke Hangtuah itu diraih tanpa kehadiran pemain senior Kelly Purwanto yang masih harus menjalani pemulihan cedera. Hangtuah pun membuktikan kalau skuat mereka sudah cukup oke.

Kombinasi Tifan Eka Pradita dan Sevly Rondonuwu terbukti bisa mengangkat permainan tim. Hangtuah juga bisa mengawali seri kedua dengan baik saat menang 82-70 atas West Bandits Combhipar Solo, Sabtu (29/1) semalam.

"Belum hadir atau begabungnya Kelly ke tim itu yang membuat Tifan dan Sevly step up untuk menjadi pengatur serangan dan menjadi pintu pertama dalam bertahan."

Hangtuah akan mendapat lawan yang boleh dibilang levelnya berada di atas mereka, yakni juara bertahan Satria Muda, Senin (31/1) di GOR C-Tra Arena.

Menurut Rinaldo, Amartha Hangtuah harus bisa memenangi defensive rebound agar dapat merepotkan SM. Sebab, SM sangat kuat di sektor tersebut sehingga Hangtuah tak boleh lengah sedikit pun.

"Melawan Satria Muda, sisi yang paling krusial adalah defensive rebound yang harus kita menangkan, dan tentunya tetap bermain agresif baik saat defense maupun offense," tutupnya.

(mrp/krs)