IBL Setop Laga 2 Hari demi Antisipasi Penyebaran COVID-19

Mercy Raya - Sport
Kamis, 03 Feb 2022 11:10 WIB
Indonesia Patriots akhirnya meraih kemenangan pertamanya di IBL 2022. Kepastian itu setelah mereka mengalahkan Evos Thunder Bogor pada laga lanjutan seri I Jakarta dengan skor 58-53. di Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, Selasa sore (18/1),
Foto: dok. IBL
Jakarta -

Manajemen Indonesia Basketball League (IBL) memutuskan untuk menyetop sementara seluruh pertandingan kompetisi bola basket nasional, IBL 2022, mulai Kamis (3/2) hingga Jumat (4/2) ini.

Hal itu disampaikan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, guna mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas.

Ia juga menyebut bila opsi mitigasi yang diambil oleh manajemen dengan mengistirahatkan pertandingan pada seri kedua IBL Tokopedia 2022 sesuai dengan prosedur yang telah disusun sebelumnya.

"Hari Kamis (3/2) dan Jumat (4/2) kami putuskan untuk tidak mempertandingkan game sebagai upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19," kata Junas dalam keterangan tertulisnya Kamis (3/2/2022).

Junas mengatakan, beberapa pemain memang mendapatkan hasil positif saat dilakukan PCR berkala. Bahkan hasil serupa juga diterima oleh enam orang wasit yang bertugas pada seri kedua IBL 2022 di C'Tra Arena Bandung pada Sabtu, yang semula dijadwalkan 29 Januari-5 Februari.

Tes berkala ini dilakukan ditengah periode sebagaimana juga prosedur yang dilakukan terhadap seri sebelumnya. "Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak, bahkan sejumlah personel yang awalnya positif juga telah dinyatakan sembuh dengan hasil negatif," katanya.

"(Namun) mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," Junas menambahkan.

Sementara itu, Dr. Panudju dari RS Royal Premier, sebagai tim dokter pendamping penyelenggara mengatakan langkah mitigasi sudah tepat. "Langkah mitigasi seperti ini memang harus dilakukan. Kami juga telah melakukan karantina, isolasi dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif," ujarnya.

Selain mitigasi ini, IBL juga membuat rencana untuk memperpanjang seri Bandung untuk kembali melanjutkan sisa pertandingan.

(mcy/krs)