Kualifikasi FIBA World Cup 2023: Timnas Basket RI Wajib Main Lebih Baik

Mercy Raya - Sport
Kamis, 10 Feb 2022 15:30 WIB
Timnas Basket
Foto: Dok. PP Perbasi
Jakarta -

Tim nasional basket Indonesia dituntut tampil lebih baik di Window II Kualifikasi Piala Dunia Basket alias FIBA World Cup 2023. Kehadiran Lester Prosper dan dua pemain dari luar negeri diyakini menambah kekuatan tim.

Indonesia masuk dalam Grup C Kualifikasi FIBA World Cup. Pada Window pertama lalu, Andakara Prastawa dkk menelan dua kali kekalahan dari Lebanon pada November tahun lalu. Dua pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, itu berakhir 38-96 dan 64-110.

Adapun dua kekalahan itu juga ditengarai sebagai imbas dari absennya dua pilar Timnas Indonesia, yaitu Lester Prosper dan Arki Dikania Wisnu, yang batal tampil lantaran dinyatakan positif COVID-19 jelang bertanding.

Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi keempat Grup C dengan poin 2. Sementara Lebanon melejit di puncak klasemen dengan empat angka. Sedangkan Arab Saudi dan Yordania berada di urutan kedua dan ketiga dengan masing raihan 3 poin.

Kini, Timnas Indonesia sudah ditunggu jadwal Window II Kualifikasi FIBA World Cup yang akan berlangsung di Arab Saudi, mulai 24 -27 Februari ini.

Perjuangan Timnas basket Indonesia diawali dengan menantang tuan rumah Arab Saudi di Jeddah pada 24 Februari. Kemudian Arki Dikania Wisnu dkk akan melawan Yordania di Amman tiga hari kemudian.

Untuk menghadapi dua pertandingan di Februari ini, Timnas basket Indonesia akan diperkuat 12 pemain, yang tiga di antaranya dipanggil dari luar negeri. Yaitu Lester Prosper, Brandon Jawato dan Agassi Goentara dipastikan ambil bagian pada laga pertengahan Februari ini.

"Harapan dari BTN untuk dua pertandingan ini adalah meraih hasil yang maksimal dan harus lebih baik dari hasil yang didapatkan di Window 1 Kualifikasi FIBA World Cup 2023," Sekretaris BTN Cyrus Harsaningtyas dalam rilis Perbasi.

Timnas basket sendiri sedang menjalani Training Camp di Jakarta hingga 20 Februari mendatang. Mereka akan terbang ke Arab Saudi pada malam harinya.

Jadwal Indonesia di Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023 :

  • 24 Februari 2022
    Arab Saudi vs Indonesia
  • 27 Februari 2022
    Jordania vs Indonesia

(mcy/krs)