Mulai 3 Maret, IBL Musim Reguler Kembali Digelar di Jakarta

Mercy Raya - Sport
Senin, 21 Feb 2022 12:50 WIB
Pebasket Satya Wacana Salatiga Henry Lakay (kanan) berusaha merebut bola dari pebasket Amartha Hangtuah Jakarta Fisyaiful Amir (tengah) Pada pertandingan Seri 1 Jakarta Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket GBK, Jakarta, Minggu (16/1/2022).  Satya Wacana Salatiga kalah oleh Amartha Hangtuah Jakarta dengan skor 68-75. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Ilustrasi IBL (ANTARA FOTO)
Jakarta -

Kepastian kelanjutan Indonesia Basketball League (IBL) 2022 musim reguler akhirnya menemui titik terang. Kompetisi yang sempat dihentikan karena COVID-19 itu diputuskan berlangsung di Jakarta, mulai 3 Maret.

Seperti diketahui, IBL yang sejatinya memasuki seri II Bandung terpaksa ditunda pelaksanaannya lantaran badai COVID-19. Sejumlah atlet dan wasit dinyatakan terpapar virus Corona dalam pemeriksaan rutin.

Manajemen IBL pun mencari cara agar kompetisi tetap berjalan. Salah satunya dengan mengubah format menjadi sistem bubble terpusat. Hanya memang lokasinya saat itu belum dapat ditentukan karena jumlah tim yang ditampung dalam satu lokasi cukup besar yaitu 16 tim.

Kini, setelah rampung penyesuaian rencana dikarenakan situasi Omicron yang berkembang belakangan, manajemen IBL akhirnya mengumumkan rencana lanjutan musim kompetisi.

IBL 2022 akan menuntaskan sisa kompetisi babak reguler dengan sistem gelembung di Gedung Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 3-31 Maret. Semua personel terlibat direncanakan akan menginap terpusat di Hotel Century Park Senayan Jakarta. Lapangan latihan juga berada pada kawasan yang sama, GBK Arena Senayan Jakarta.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan penentuan 3 Maret semula memang ditetapkan untuk penyelenggaraan serie 4 yang awalnya direncanakan di kota Solo dengan sistem seri keliling kota ke kota.

"Tapi setelah beberapa pertimbangan untuk memulai kompetisi dengan merubah format menjadi kembali sistem bubble terpusat, Jakarta menjadi pilihan ideal untuk kondisi saat ini," Junas dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/2/2022).

Dalam pertemuan dengan tim-tim IBL, pada Jumat (18/2), disampaikan juga bahwa selain kapasitas hotel yang memadai, fasilitas penunjang baik di sekitar kawasan dan medis seperti rumah sakit, lokasi lab tes serta faktor sistem operasional penyelenggaraan di Jakarta sudah pernah dijalankan seri 1 yang lalu sehingga akan lebih mudah bagi manajemen untuk melakukan penyesuaian.

"Perubahan format di tengah musim yang disebabkan lonjakan kasus COVID-19 nasional memang tidak mudah dan waktu untuk persiapan tidak banyak. IBL akan upayakan yang terbaik dan faktor mitigasi terhadap kasus COVID-19 ini menjadi perhatian utama dalam kelanjutan musim kompetisi Maret mendatang," ujarnya.

Menurut Junas, tim peserta IBL akan memasuki gelembung pada 1 Maret tentu dengan clearance bebas COVID-19. Sebelum memasuki gelembung mereka harus melewati prosedur protokol kesehatan dan kami akan meminta pengawasan lebih diperketat oleh masing-masing Sub Satuan Tugas Covid-19 di masing-masing tim.

Ia juga menambahkan mulai Senin ini semua personel diharapkan sudah melakukan karantina mandiri dan tes swab PCR pertama pada 22 Februari. Tes PCR kedua akan dilaksanakan pada lima hari berikutnya. Kemudian, seluruh personel akan menjalani tes swab PCR ketiga sebelum memasuki gelembung di Hotel Century.

(mcy/aff)