ADVERTISEMENT

Ketum Perbasi Jakarta Jaring Aspirasi Klub soal Pembinaan

Randy Prasatya - Sport
Selasa, 22 Feb 2022 22:15 WIB
Perbasi DKI Jakarta
Lexyndo Hakim (kuning) saat melakukan kunjungan. (Foto: dok. Perbasi Jakarta)
Jakarta -

Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta periode 2022-2026, Lexyndo Hakim, melanjutkan safarinya keliling klub-klub Ibu Kota pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Pada kunjungan kali ini, Lexy, panggilan akrabnya, punya lebih banyak agenda. Selain mulai memetakan pembinaan basket putri, Ketum Perbasi DKI Jakarta ini ingin bersilaturahmi serta menampung lebih banyak aspirasi klub-klub basket di Jakarta.

Ada tiga klub yang disambangi, yaitu Indonesia Muda dan Victoria di Kawasan Gelora Bung Karno serta Cougar di bilangan Tebet.

Lexyndo Hakim bertemu langsung dengan pemilik serta pengurus klub untuk berdiskusi terkait basket putri secara khusus dan pembinaan secara umum.

"Indonesia Muda, Victoria, dan Cougar merupakan sebagian kecil dari banyak klub DKI Jakarta yang memiliki pembinaan basket putri terkenal bagus. Seperti kunjungan sebelumnya, kami menampung saran dari klub-klub agar basket putri Jakarta khususnya dan pembinaan basket pada umumnya jauh lebih baik," ujar Lexy.

Pada masa kepemimpinannya, Perbasi DKI Jakarta tak hanya berkutat pada basket putra. Dia ingin basket putri sejajar dalam hal pembinaan dan prestasi.

Lexy yang juga seorang Pengacara itu ingin dua kategori, yaitu putra dan putri, bisa sejalan mengharumkan nama Ibu Kota dalam kancah pergelaran nasional.

"Basket putri juga menjadi perhatian khusus kepengurusaan saat ini. Untuk mencapai prestasi yang baik buat basket DKI Jakarta, kami memang perlu turun langsung ke klub untuk berkolaborasi dan bersinergi. Hal itu memang merupakan bagian dari visi dan misi kita bersama."

"Ada banyak masukan yang datang dan semuanya positif demi membangun basket Jakarta lebih baik. Intinya, pada era sekarang, Perbasi DKI Jakarta bakal lebih modern dalam segala hal dan tentunya transparan," tambahnya.

Visi dan misi Perbasi DKI Jakarta ternyata sejalan dengan keinginan klub-klub di Jakarta. Cougar misalnya, mengapungkan optimisme basket Jakarta lebih berprestasi mengingat digawangi jiwa-jiwa muda.

"Saya optimistis dengan kepengurusan baru karena isinya jiwa-jiwa muda termasuk Pak Ketua Umum. Mudah-mudahan lebih banyak event di DKI Jakarta, lebih ramai lagi, dan berprestasi untuk DKI Jakarta," ujar Yuning, salah satu orang tua siswa Cougar.

"DKI itu pusat perhatian, baik olahraga maupun lainnya. Semoga ada terobosan baru terutama kegiatan basket di Jakarta. Saya yakin kepengurusan Perbasi DKI Jakarta saat ini dengan semangat milenial bisa lebih terbuka informasinya. Jadi, kami tidak kesulitan mencari informasi kegiatan. Selain itu, pastinya bisa lebih berprestasi," lanjutnya ibu dari Morno dan Vianka yang bermain untuk tim putra-putri Cougar KU18.

Senada dengan Cougar, Victoria juga menginginkan pembinaan basket Jakarta, khususnya putri, bisa terwadahi dengan baik.

"Mudah-mudahan cita-cita kami mengembangkan minat basket anak-anak serta remaja bisa terwadahi dengan baik. Pemain bisa bermain dengan senang serta kompetisi berjalan baik dan lancar," tutur Erfan B., Ketua Harian Victoria.

"Saran ini sebenarnya keinginan semua klub di Jakarta. Kami ingin berprestasi dan pembinaan berkelanjutan. Kami mau pemain bisa merasakan pertandingan menarik dan bangga menjadi pemain Perbasi DKI Jakarta. Semoga lebih baik dari sebelumnya," lanjutnya.

Sementara itu, selepas dua kunjungan kerja, Ketum Perbasi DKI Jakarta optimistis basket Ibu Kota bisa bersinar di kancah nasional. Alasannya tak lain, Jakarta memiliki beberapa klub tua yang sudah punya pembinaan rapi seperti Victoria.

Victoria memang sudah berdiri sejak 1972. Saat ini, mereka memiliki sekitar 375 siswa yang tersebar di kategori usia 10 tahun hingga 18 tahun.

"Victoria didirikan tahun 1972, sampai sekarang Para Pendiri, mereka masih mendukung jalannya klub. Kami sudah berusia 50 tahun. Prestasi Victoria antara lain juara DKI KU12, KU14, KU16, dan KU18 putra."

"Pada tahun-tahun 2015-2016 rutin masuk DKI dan mengikuti Kejurnas. Kami pernah juara kedua KU18 Victoria pada Kejurnas melawan Jawa Timur. Kami sudah meraih trofi sekitar 47 trofi dari semua kelompok umur," kata Erfan.

Meski pembinaan klub di Jakarta terbilang baik, Lexy melihat lapangan basket semi-indoor di Jakarta kurang mengakomodasi kebutuhan semua tim. Kerap kali beberapa tim basket di Jakarta berbagi lapangan untuk latihan.

Tak heran, Ketum Perbasi DKI Jakarta ini jug mencoba memasukkan rencana menggodok kebutuhan lapangan semi-indoor untuk klub basket di Jakarta.

Pada kunjungan kali ini, Lexy ditemani beberapa pengurus Perbasi DKI Jakarta lain, seperti Selphine Jeanita, Malinda Karin Lalisang, Janina, Iwan, Samuel, Marcel, Roy, Wendijanto, dan Rolly.



Simak Video "Peselancar RI Raih Perak di ISASURF 2022 di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT