Saran Klub kepada IBL Saat Kompetisi Dilanjutkan

Mercy Raya - Sport
Selasa, 22 Feb 2022 14:10 WIB
Komisaris Utama Dewa United Surabaya Lexyndo Hakim
Komisaris Utama Dewa United Surabaya, Lexyndo Hakim, mengungkap saran untuk IBL di sisa musim 2022. (Foto: dok.Dewa United)
Jakarta -

Seri reguler Indonesia Basketball League (IBL) 2022 diputuskan berlanjut mulai 3 Maret mendatang setelah sempat disetop akibat penyebaran Omicron. Klub pun memberikan saran agar kejadian itu tak terulang.

Keputusan itu diumumkan pada Senin (21/2) oleh Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, yang menyebut IBL akan digelar kembali dengan menggunakan format bubble di Gedung Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 3-31 Maret.

Nantinya, semua personel yang terlibat akan menginap di Hotel Century Park Senayan Jakarta. Sementara untuk lapangan latihan berada pada kawasan yang sama, GBK Arena Senayan Jakarta.

Keputusan liga memutar kembali liga dengan format seperti musim sebelumnya mendapat respons Dewa United Surabaya. Langkah itu disebut sudah tepat.

"Keputusan yang cukup solutif dari IBL terutama di situasi seperti saat ini. Yang penting liga bisa kembali bergulir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, sehingga ekosistem basket di Indonesia juga kembali berjalan," kata Komisaris Utama Dewa United Surabaya Lexyndo Hakim dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/2/2022).

Selain menyepakati, Lexy, panggilan karib Lexyndo Hakim, juga menyampaikan beberapa saran. Di antaranya penerapan protokol kesehatan tak hanya saat pertandingan, tetapi juga setelah pertandingan IBL 2022.

"Misalnya saat di hotel, latihan, jangan lupa memperhatikan protokol kesehatan. Karena di hotel tingkat pertemuan dengan orang berbeda dengan bubble saat tahun lalu di Cisarua, yang benar-benar terisolasi," tuturnya.

"Pihak hotel dapat diberitahu untuk bisa membedakan perlakuan kepada pemain dan tim dengan tamu umum lainnya. Istilahnya betul-betul diberikan perhatian khusus, supaya meminimalisir adanya celah paparan virus," dia mengungkapkan.

Sehubungan itu, Dewa United Surabaya terus melakukan persiapan matang jelang memasuki bubble di Jakarta. Tak hanya dari segi latihan, namun juga memperhatikan kondisi kesehatan para pemain.

"Waktu tiga pekan ini kita gunakan sebaik-baiknya. Jadi kita upayakan pemain dan seluruh staff official bisa masuk ke bubble dengan tepat waktu, mohon doanya juga untuk kelancarannya," kata Lexy.

Sebelum IBL Seri 2 di Bandung disetop sementara, Dewa United termasuk tim yang punya catatan apik. Dari enam pertandingan yang telah dijalani, Anak Dewa mampu memetik lima kemenangan dan hanya sekali menelan kekalahan.

(mcy/cas)