Seri IBL Digelar Tanpa Penonton Pada Sepekan Awal Kompetisi

Mercy Raya - Sport
Minggu, 27 Feb 2022 16:25 WIB
DNA Bima Perkas masih belum bisa menang di IBL.
Perkasa Ilustrasi IBL (Foto: dok. Bima)
Jakarta -

Seri reguler Indonesia Basketball League (IBL) 2022 resmi dilanjutkan di Jakarta mulai 3 Maret mendatang. Namun, sementara tanpa penonton umum dulu.

Hal itu disampaikan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah terkait perkembangan jelang dimulainya kembali kompetisi basket nasional di Gedung Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

"Sebetulnya penonton tidak berhubungan dengan faktor penundaan kemarin. Tapi kami memang ingin reset dulu karena Omicron sedang tinggi-tingginya," kata Junas kepada detikSport, Minggu (27/2/2022).

"Nah, (untuk lanjutan kompetisi ini) kami pun mengajukan perizinan tetap dengan penonton. Tapi kami tak mau terlalu terburu-buru. Ini masih ada waktu hingga 29 hari ke depan, dari mulai 3 sampai 31 Maret mendatang. Kami ingin memastikan semua sehat dulu, perjalanan game lancar, artinya tak ada pertandingan yang ditunda," dia menjelaskan.

"Nanti jika sudah, misalnya satu pekan lancar, baru kami membuka kembali penonton umum untuk membeli tiket," lanjutnya.

Meskipun begitu, sebut Junas, di lapangan tetap ada yang menyaksikan secara langsung tapi kuota itu ditujukan kepada pemilik klub, manajemen, atau stakeholder. "Mereka ini kan yang tidak masuk dalam bubble terpusat," kata Junas.

Adapun prosedur bagi penonton umum jika sudah nantinya sudah diperbolehkan nonton secara langsung di lapangan, bakal menerapkan persyaratan yang sama seperti sebelumnya.

"Seperti sudah vaksin lengkap, tes swab antigen, serta pembelian dilakukan secara online, dan tidak bisa dibeli saat hari pertandingan. Ya, ini akan dilihat dalam sepekan ke depan," kata Junas.

Seperti diberitakan sebelumnya, kompetisi basket nasional IBL sempat dihentikan sementara saat memasuki seri II Bandung. Langkah itu diambil manajemen liga setelah sejumlah atlet dan wasit dinyatakan terpapar virus Corona dalam pemeriksaan rutin. Tapi kemudian, langkah itu diperpanjang hingga seri III Yogyakarta.

Manajemen kemudian mencari cara dengan mengubah format menjadi sistem bubble demi kompetisi tetap berjalan. Alhasil, Gedung Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pun ditetapkan sebagai lokasi gelembung terpusat. Laga seri reguler rencananya akan berlangsung hingga 31 Maret. Kemudian babak play off akan dilangsungkan setelah Lebaran hingga awal Juni 2022.

(mcy/aff)