Seri Reguler IBL Sudah Bisa Dihadiri Penonton, Simak Harganya

Mercy Raya - Sport
Jumat, 11 Mar 2022 13:00 WIB
Bima Perkasa kalah dari NSH Mountain Gold dalam lanjutan IBL 2022, Jumat (4/3/2022)
Ilustrasi IBL (Foto: dok. Bima)
Jakarta -

Lanjutan seri Indonesia Basketball League (IBL) 2022 akhirnya kembali dapat dihadiri penonton mulai Sabtu (12/3/2022). Simak harga per tiketnya.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan bila pecinta basket sudah bisa menyaksikan tim favoritnya berlaga secara langsung di arena mulai 12 hingga 30 Maret mendatang. Namun, harus beli tiketnya secara online.

"Tidak ada penjualan tiket langsung di area pertandingan. Pembelian hanya dapat melalui online dan maksimal waktu pembelian adalah H-1 sebelum tanggal pertandingan," kata Junas dalam laman IBL.

Meskipun kini sudah bisa dihadiri penonton, kapasitasnya tetap akan dibatasi sehingga jumlah tiket juga terbatas. Adapun harga tiket untuk game weekdays adalah Rp 30 ribu sedangkan untuk game weekend seharga Rp 35 ribu per pertandingan.

Manajemen IBL juga menetapkan sejumlah syarat, salah satunya penonton anak berusia 6-12 tahun diwajibkan sudah melakukan vaksin COVID-19 dosis lengkap.

Sementara bagi anak usia 6 tahun ke bawah, usia lanjut di atas 65 tahun, individu dengan penyakit bawaan (komorbid), ibu hamil dan menyusui belum diperkenankan menonton pertandingan secara langsung.

Seri IBL sejatinya telah berlangsung sejak 3 Maret lalu di Gedung Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Tapi saat itu, manajemen liga memutuskan untuk menyetop kehadiran penonton umum sambil melihat situasi dalam sepekan pelaksanaan. Dalam artinya game berjalan lancar dan tanpa ada penundaan pertandingan.

Belum genap sepekan pelaksanaan, pemerintah Indonesia ternyata mengeluarkan kebijakan baru. Melalui Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kondisi pandemi COVID-19 sudah mulai membaik sehingga membuat pemerintah mulai melonggarkan aturan.

Salah satunya menghadirkan penonton lagi ke event-event olahraga, namun dengan harus ada persyaratan yang harus dipenuhi penonton untuk menghadiri event olahraga. Salah satunya, menjalani vaksinasi. Disebutkan dia, orang dengan vaksinasi lengkap sudah tak perlu melakukan tes antigen atau PCR test.

"Situasi dan peraturan kehadiran penonton dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku," ujat Junas.

(mcy/aff)