ADVERTISEMENT

Ketum Perbasi Jakarta Tinjau Final Basket Putri

Randy Prasatya - Sport
Rabu, 30 Mar 2022 19:16 WIB
Ketua Umum PERBASI DKI Jakarta, Lexyndo Hakim.
Ketua Umum PERBASI DKI Jakarta, Lexyndo Hakim (putih), bersama peserta pasket putri. (Foto: dok. Perbasi Jakarta)
Jakarta -

Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, bersama Sekretaris Umum, Arief Satria Kurniagung, dan beberapa jajaran pengurus menyaksikan langsung laga final Kejuaraan Basket di GOR Bulungan Jakarta Selatan pada Senin, 28 Maret 2022.

Lexy, panggilan akrab Ketum Perbasi DKI Jakarta, secara khusus menaruh perhatian kepada dua partai final basket putri antara Warriors versus Victoria (kelompok umur 16) serta Buls versus ROAR (kelompok umur 18).

"Pertandingan seru ketat dan sangat luar biasa. Ternyata, bibit-bibit pebasket putri di DKI Jakarta banyak dan bagus-bagus. Saya akan pantau terus pembinaan basket putri yang tentunya demi tujuan meraih prestasi lebih baik di sektor putri DKI Jakarta pada tingkat nasional," kata Lexy.

Memang, sejak terpilih menjadi Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexy punya target khusus untuk basket putri. Dia ingin basket putra dan putri Jakarta berjalan beriringan meraih prestasi apik di level nasional.

Dengan kata lain, kepengurusan Perbasi DKI Jakarta 2022-2026 tidak hanya memikirkan sektor putra, tapi juga putri.

"Sejak awal kunjungan ke beberapa klub juga saya tidak lupa memantau pembinaan basket putri. Prestasi putra dan putri tidak boleh timpang. Saya yakin dengan sistem terbaru, seperti kordinasi yang terintegrasi dari kota sampai provinsi, modernisasi basis data digitalisasi dan tata kelola organisasi yang transparan, basket putra dan putri DKI Jakarta bisa bersinar lebih baik dari sebelumnya, Insyaallah" ujar Lexy.

Sementara itu, Warriors berhasil menaklukkan Victoria dengan skor 84-65 di kategori usia 16 tahun putri. Lalu, ROAR keluar sebagai juara di usia 18 Putri selepas menekuk Buls dengan skor 57-47.

Lexy dan Arief ikut langsung memberikan piala dan piagam penghargaan kepada juara serta runner-up pertandingan tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, Lexy beserta jajaran tidak hanya menyaksikan partai final. Pengprov Perbasi DKI Jakarta sekaligus memantau penggunaan data statistik pada tingkat Kejurwil didampingi beberapa Pengurus Perbasi Jakarta Selatan, termasuk Achmad Ferdy Zain dan Jacky Ignatius Hatta.

Ini merupakan kali pertama turnamen di tingkat wilayah yang menggunakan data statistik yang langsung terlihat hasilnya begitu laga usai berikut data titik titik si atlet melakukan skor.

Bahkan, menariknya statistik yang diberlakukan untuk kali pertama di tingkat wilayah tersebut nyaris mirip dengan milik Indonesia Basketball League (IBL).

Semua atribut umum dalam statistik sudah ada, seperti menit bermain, field goals, dua poin, tiga poin, lemparan bebas, blok, assist, steal, rebound, turnover, dan personal foul.

Tak cuma itu, yang bikin makin mirip dengan statistik IBL ialah penggunaan shot chart. Shot chart sendiri merupakan statistik titik-titik tembakan gagal dan menghasilkan poin.

"Ini pertama kali kami coba memakai data statistik di turnamen tingkat wilayah. Nantinya, setiap Kejurwil akan di semua wilayah akan memakai statistik." kata Milly Gandamustika, Ketua Bidang Pertandingan Perbasi DKI Jakarta.

"Boleh dibilang ini langkah cepat untuk memodernisasi sistem. Dengan pengelolaan statistik ini, kami dapat melihat performa setiap pemain. Tentunya, hal tersebut memudahkan dalam pemilihan pemain-pemain terbaik untuk tim DKI Jakarta jika ada turnamen level nasional," katanya.

Tak luput dari perhatian, Lexy dan jajaran pengurus Perbasi DKI Jakarta juga melihat-lihat kondisi lapangan GOR Bulungan.

Pengurus Provinsi Perbasi DKI Jakarta selatan sangat memerhatikan kondisi lapangan. Hal itu berkaitan nantinya dengan kualitas turnamen di Ibu Kota sekaligus memedulikan risiko cedera pemain.



Simak Video "Peselancar RI Raih Perak di ISASURF 2022 di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT