ADVERTISEMENT

Piala Gubernur DKI Jakarta, Pencarian Bibit Pemain Basket

Randy Prasatya - Sport
Jumat, 01 Apr 2022 00:35 WIB
Perbasi DKI Jakarta
Piala Gubernur DKI Jakarta hadir untuk mencari bakat baru di basket. (Foto: dok. Perbasi Jakarta)
Jakarta -

Keberhasilan DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 membuat inisiatif baru dari pemerintah daerah. Pencarian bibit pemain basket dilakukan agar regenerasi tidak terputus.

Bekerja sama dengan Perbasi DKI Jakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), dan pemerintah daerah DKI Jakarta menghadirkan turnamen Piala Gubernur 2022. Ajang ini adalah inisiatif dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam mencari bibit muda terbaik.

Piala Gubernur 2022 akan diikuti klub-klub yang telah terseleksi se-DKI Jakarta, yang terbagi dua wilayah lokasi pertandingan, batas utara dan selatan. Adapun kategori yang diadakan adalah usia 15-17 putra dan putri, serta usia 18-20 putra dan putri.

Piala Gubernur 2022 akan dimainkan setiap akhir pekan di beberapa lapangan di DKI Jakarta seperti GOR Bulungan, Jakarta Selatan, dan Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU). Turnamen ini dimulai sejak 31 Maret hingga 26 Juni.

"Saya berharap dengan adanya turnamen ini terbangun iklim yang sehat. Para pemain analogikan sebagai bibit yang baik. Untuk bisa tumbuh membutuhkan taman yang sempurna, iklim yang sehat. Bibit baik saja tidak cukup, perlu iklim yang sehat. ," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Maka dari itu, kami siapkan iklimnya yang baik dan sehat agar para bibit itu bisa terus tumbuh. Lewat klub yang kalian bela, itulah wahana tempat anda tumbuh. Biar kami yang memfasilitasi," imbuh Anies.

Berlangsungnya Piala Gubernur 2022 juga menjadi satu dari visi dan misi yang diusung Ketua Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim. Dengan adanya kolaborasi antara pemerintah daerah, Dispora, dan seluruh stakeholder pecinta basket di Ibu Kota. Diharapkan dari turnamen ini benar bisa tumbuh bibit yang diharapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Menyelenggarakan pertandingan kompetisi tak hanya mencari pemenang belaka. Menghasilkan talenta baru untuk kejurnas ataupun PON nanti sehingga kami bisa memberikan prestasi terbaik yakin medali emas untuk putra dan putri DKI Jakarta," ujar Lexy.

Piala Gubernur 2022 tak sekedar menyajikan kompetisi. Perbasi DKI Jakarta ingin turnamen yang diadakan ini menjadi barometer bagaimana modernisasi basket di Ibu Kota berjalan.

"Melengkapi dengan data statistik pemain, wasit yang profesional dan tanggung jawab moril yang baik. Termasuk titik tempat dilakukan skor dari pemain akan kami adakan," tutur Lexy.

Piala Gubernur 2022 juga tak melupakan aspek kesehatan. Pandemi Covid-19 yang mulai mereda tak membuat panitia pelaksana terlena.

Protokol kesehatan ketat tetap diberlakukan dalam Piala Gubernur 2022. Setiap peserta dan perangkat pertandingan akan melewati screening ketat sebelum masuk ke lapangan.

"Setiap pemain, ofisial, dan perangkat pertandingan wajib melakukan swab antigen sebelum memasuki lapangan. Pemain dari setiap klub juga diwajibkan telah melengkapi vaksinasi sebanyak dua dosis. Kami tidak akan melonggarkan protokol kesehatan karena keselamatan bersama adalah yang utama," ujar ketua panitia Piala Gubernur 2022, Marcel G Oehmke.

Cara meminimalisir risiko penularan Covid-19 pada Piala Gubernur 2022 juga dilakukan panitia pelaksana. Di setiap jadwal pertandingan, klub peserta akan dijemput ke venue demi mengurangi mobilisasi.

"Sebisa mungkin kami ingin para peserta Piala Gubernur 2022 bisa aman dan sehat selama event ini berlangsung. Itu yang menjadi fokus kami," ujar Marcel.



Simak Video "Basket Pantai, Pertandingan Menarik Sekaligus Tontonan Seru, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT