Tatap FIBA Asia Cup, Timnas Basket SEA Games Bakal Dipertahankan?

Mercy Raya - Sport
Selasa, 24 Mei 2022 10:50 WIB
Timnas Basket
Tatap FIBA Asia Cup, Timnas Basket SEA Games Bakal Dipertahankan? (dok Perbasi)
Jakarta -

PP Perbasi berencana untuk tetap mempertahankan skuad SEA Games Vietnam menuju FIBA Asia Cup Juli mendatang. Sekalipun ada perubahan dipastikan tak akan banyak.

Manajer Timnas Basket Jeremy Santoso yang menyampaikan hal itu setibanya di Tanah Air, pada Selasa (24/5/2022). Menurutnya, Timnas basket harus segera bergegas mengingat waktu persiapan menuju FIBA Asia Cup tinggal 1,5 bulan lagi. Single event yang diikuti negara-negara Asia itu akan berlangsung di Jakarta mulai 12-24 Juli.

"Harusnya sih tak jauh (berbeda dengan skuad SEA Games) karena saya rasa kita harus apresiasi anak-anak yang bermain di SEA Games. Bagaimana pun itu skuad terbaik Indonesia sepanjang sejarah ikut SEA Games," kata Jeremy kepada pewarta.

"Jadi kita harus apresiasi itu dan secara chemistry sudah terjalin bagus. Makanya seperti kata Bapak Eda (Syailendra Bakrie, Ketua Badan Tim Nasional) kita harus perbaiki yang mesti diperbaiki tetapi anak-anak sudah bermain baik."

Jeremy menjelaskan, sebelum penentuan pemain yang akan tampil di FIBA Asia Cup, para pemain akan lebih dulu mengikuti training camp di Australia pada 9 Juni mendatang, selama 15 hari.

"Para pemain yang ikut TC akan di-mix dengan beberapa pemain muda tapi itu juga belum ditentukan. Kami akan bawa sekitar 16 pemain, dan itu akan menjadi tahap finalisasi rooster untuk FIBA Asia Cup nanti," ujar Jeremy.

Evaluasi Usai SEA Games

Di sisi lain, Jeremy juga memberikan penilaiannya terkait penampilan Arki Dikania Wisnu dkk di SEA Games yang baru rampung 23 Mei kemarin.

Tim putra Indonesia meraih medali emas sekaligus mengukir sejarah di sepanjang keikutsertaannya di multiajang olahraga negara-negara Asia Tenggara.

"Mungkin secara overall sudah baik. Tapi FIBA Asia nanti lawannya jauh lebih tinggi dari SEA Games. Makanya kita juga melakukan TC di negara yang rankingnya tinggi. Australia itu rankingnya tertinggi di Asia, bahkan dunia untuk region Asia," dia menjelaskan.

"Jadi perbaikannya, kami tingkatkan levelnya supaya mereka siap berkompetisi di level Asia. Seperti kita tahu, Indonesia berada satu grup dengan Yordania, Saudi Arabia, dan Australia, dan kita harus lolos grup untuk bisa dapat top 8 Asia."

"Medali ini emas buat bensin anak-anak agar lebih percaya diri dan seperti Pak Eda bilang, belum selesai di sini (SEA Games) tapi kita sudah ada modal yang sangat baik. Saya harap modal ini bisa membuat sejarah lagi di bulan Juli," Jeremy mempertegas.

(mcy/aff)