Kata Derrick Michael soal Peluang Timnas di FIBA Asia Cup

Mercy Raya - Sport
Selasa, 24 Mei 2022 16:40 WIB
Derrick Michael Xzavierro
Foto: (dok Istimewa)
Jakarta -

Pebasket muda Derrick Michael Xzaviero, bicara soal peluang Indonesia lolos di delapan besar FIBA Asia Cup 2022. Menurutnya, semua akan dimulai dari nol lagi.

Tim basket Indonesia membawa bekal apik dengan menjuarai SEA Games 2021 Vietnam. Kendati levelnya hanya lah Asia Tenggara, tapi kemenangan itu bisa menjadi modal kepercayaan diri mereka untuk tampil di level yang lebih tinggi, Asia.

Terlebih lawan yang mereka kalahkan bukan tim kaleng-kaleng. Ialah Filipina, tim paling dominan di Asia Tenggara setelah dalam 12 edisi terakhir memegang tahta kampiun tertinggi SEA Games.

Kendati membawa modal besar, Derrick mengingatkan perjuangan timnya dimulai dari nol lagi. "Ya kita kerja keras lagi, dari nol lagi, perbaiki yang sudah dilakukan di game kemarin. Semoga dapat kemenangan-kemenangan," kata Derrick setibanya di Tanah Air, Selasa (24/5/2022).

Derrick sendiri sempat menjadi pahlawan pada final SEA Games antara Indonesia vs Filipina. Ia menyumbang 17 poin dan 7 rebound. Hasilnya, Indonesia menang atas Filipina dengan skor 85-81. Meski begitu, ia tak jemawa. Derrick menilai dirinya juga masih banyak kekurangan.

"Pastinya saya akan lebih keras lagi. Kami akan lihat kesalahan-kesalahan saat di SEA Games kemarin agar diperbaiki pada game ke depannya," ujar pemain dengan tinggi 2,03 meter ini.

"Saya sendiri orangnya emosional. Emosi saya harus mulai ditahan-tahan sedikit. Saya harus bisa mengontrol itu."

Derrick sendiri ingin dapat memperkuat tim FIBA Asia Cup jika diberi kesempatan Perbasi. Atlet kelahiran 1 April 2003 akan mengemban tanggung jawab itu semaksimal mungkin.

"Dulu mungkin jadi beban (karena pemain muda) kalau sekarang saya rileks dan karena ada senior yang back up dan memberi saya masukan," tuturnya.

Ia pun berharap di FIBA Asia Cup, timnya bisa kembali mengukir cerita manis. "Semoga bisa menang FIBA Asia Cup (lolos 8 besar) dan masuk World Cup 2023," harapnya.

FIBA Asia Cup akan digelar Istora Senayan, pada 12-24 Juli. Ini akan menjadi kiprah pertama Timnas Basket Indonesia setelah absen selama 11 tahun. Kiprah terakhir terjadi pada edisi 2011 di China dan Timnas Basket Indonesia menempati peringkat ke-11.

Prestasi terbaik Timnas Indonesia adalah menjadi tim peringkat keempat. Hal itu terjadi pada edisi 1967 yang digelar di Korea. Indonesia tergabung dalam Grup A, yakni Arab Saudia, Yordania, dan Australia.

(mcy/aff)