ADVERTISEMENT

FIBA Asia Cup: Menpora Semangati Timnas Basket, Yakin Bisa Lolos

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 15 Jul 2022 10:55 WIB
Pebasket Indonesia Derrick Mchael Xzavierro (kiri) berebut bola dengan pebasket Yordania Ahmad Al Dwairi (kanan) saat bertanding dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Yordania menang atas Indonesia dengan skor 74-65. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Timnas Basket Indonesia masih berpeluang lolos ke perempatfinal FIBA Asia Cup 2022 (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyemangati Timnas Basket Indonesia yang baru dikalakan Yordania. Amali yakin peluang lolos masih ada.

Indonesia gagal memenangi partai kedua di Grup A FIBA Asia Cup 2022, Kamis (14/7/2022) sore WIB. Menghadapi Yordania, Marques Bolden dkk. kalah 65-74.

Kekalahan ini membuat Indonesia gagal melanjutkan performa gemilangnya di partai perdana saat mengalahkan Arab Saudi. Meski demikian, perjuangan anak asuh Milos Pejic itu tetap disanjung oleh banyak pihak, termasuk Menpora Zainudin Amali.

Kebetulan Amali langsung mendatangi para pemain di Fairmont Hotel, Jakarta, sekitar pukul 21.15 WIB semalam. Kedatangannya disambut Ketum PP Perbasi Danny Kosasih beserta jajaran. Setelah itu Amali menemui para pemain sebelum mereka beristirahat, sambil memberi wejangan.

Pebasket Indonesia Derrick Mchael Xzavierro (kiri) berebut bola dengan pebasket Yordania Ahmad Al Dwairi (kanan) saat bertanding dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Yordania menang atas Indonesia dengan skor 74-65. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.Menpora Zainudin Amali bertemu Timnas Basket Indonesia di Hotel Fairmont (Foto: dok.Kemenpora)

"Saya lihat tadi kalian sudah main bagus, tapi lawannya juga bagus. Pertandingan selanjutnya, harus tetap semangat. Kalian dari awal main sudah bagus," kata Amali dalam rilis kepada detikSport.

Meski baru mengumpulkan satu kemenangan, peluang Indonesia untuk lolos ke perempatfinal masih terbuka lebar. Syaratnya mereka harus mengalahkan Australia pada pertandingan terakhir, Sabtu (16/7) besok sambil berharap Arab Saudi mengalahkan Yordania.

Jika Yordania menang, maka Indonesia harus bisa mengalahkan Australia dengan selisih 14 poin. Bukan pekerjaan mudah mengingat Australia adalah juara bertahan.

Indonesia sebenarnya sudah mengantungi tiket ke playoff perempatfinal karena kemenangan besar atas Arab Saudi. Mereka tinggal menunggu hasil laga Arab Saudi vs Yordania untuk memastikan lolos sebagai peringkat kedua atau ketiga.

Jika Yordania menang, Indonesia akan finis di peringkat ketiga dan akan menghadapi runner up Grup B. Sementara jika Arab Saudi yang menang, dengan selisih keunggulan di bawah 43 poin, Indonesia akan berakhir sebagai runner up grup.

Melihat hitung-hitungan ini, Amali menilai peluang Indonesia tembus perempatfinal masih ada. Maka dari itu dia berharap skuad Merah-Putih bisa tampil lebih baik dan bersemangat saat menghadapi Australia.

"Kita masih ada kesempatan. Lupakan pertandingan tadi, sekarang pikirkan laga selanjutnya. Kalian harus bisa menikmati bangunan yang sedang dibangun itu (stadion basket di GBK). Kalian harus main di situ, kapasitasnya 16 ribu penonton," sambungnya.

Terakhir Amali kembali menyampaikan pemerintah mendukung penuh Timnas Basket Indonesia. Hal ini membuat para pemain lebih optimistis melakoni laga terakhir.

"Siapa pun lawan yang dihadapi, harus tetap semangat, harus bisa, berjuang sampai menit akhir. Harus optimis. Pemerintah mendukung penuh Timnas Basket Indonesia. Lupakan pertandingan tadi, tatap laga selanjutnya," demikian Zainudin Amali.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT