ADVERTISEMENT

FIBA Asia Cup 2022: Dua Tim Asia Barat Berebut Tiket Semifinal

Mercy Raya - Sport
Rabu, 20 Jul 2022 16:55 WIB
FIBA Asia Cup, Logo FIBA Asia Cup
(Foto: Dok. Perbasi)
Jakarta -

Laga perebutan tiket semifinal FIBA Asia Cup 2022 dimulai, Rabu (20/7/2022) sore. Laga pertama akan menyajikan pertarungan antara tim Asia Barat, Yordania vs Iran.

Pelatih Yordania Wesam Al Sous mengatakan kedua tim Iran, yang merupakan musuh bebuyutannya di FIBA Asia, sudah salig .

"Kami sama-sama dari Asia Barat. Kami punya kompetisi di sana yang membuat kami sering berjumpa. Di FIBA Asia, pada 2011 kami menang atas Iran di perempatfinal, tapi 2013 giliran mereka yang menang. Jadi ini semacam rivalitas yang menarik," kata Wesam, dalam rilis FIBA Asia Cup.

Menurut Wesam, timnya juga sudah mempersiapkan diri termasuk melihat seluruh pertandingan Iran guna merancang game plan. Saat ini, kekuatan Iran ada pada dua pemain senior Hamed Ehaddadi dan Zaid Abbad. Selain beberapa pemain backcourt-nya juga dinilai berbahaya. "Ini bakal jadi game yang berat," tuturnya.

Dibandingkan dengan Iran yang memiliki waktu recovery setelah memastikan lolos sebagai juara Grup C FIBA Asia Cup 2022, Yordania justru masih terus melakukan pertandingan setiap dua hari sekali. Terakhir kali, bahkan Yordania harus berjuang melawan Taiwan pada 18 Juli kemarin. Mereka menang dengan selisih 1 poin 97-96.

Wesam menyadari hal itu cukup memengaruhi kondisi para pemainnya terutama yang senior. Namun, ia memilh mengambil sisi positif dari jadwal yang padat tersebut.

"Kami dalam kondisi game shape. Feeling kompetisi dapat, mungkin tidak dengan Iran. Kita lihat saja nanti. Semoga pemain saya bugar lawan Iran," kata Wesam yang Selasa (19/7) sempat meliburkan pemainnya latihan.

Sementara itu, Pelatih Iran Saeed Armaghani tak ingin menganggap remeh lawannya. Ia menilai Yordania memiliki roster yang bagus dan berpengalaman. "Pertandingan akan berat. Kami harus agresif pada defense dan bergerak cukup cepat," kata Saeed.

Hal itu diungkapkan Saeed karena di babak ini, seluruh tim punya peluang menang dan gugur. Berbeda saat bertanding di babak penyisihan FIBA Asia Cup 2022, setiap tim masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri pada game berikutnya, ketika kalah.

"Defense kami harus bekerja keras melawan Yordania. Kalau defense oke, offense kami juga akan baik, begitu yang saya yakini," ujar Saeed.

"Yordania punya pemain berpengalaman yang bermain di Euroleague. Mereka paham bola basket dan bermain dengan cerdas. Kami harus agresif dan bertarung sejak awal," lanjutnya.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT