ADVERTISEMENT

Lawan Selandia Baru, Korsel Berharap Dukungan Suporter Indonesia

Mercy Raya - Sport
Rabu, 20 Jul 2022 21:30 WIB
FIBA Asia Cup, Logo FIBA Asia Cup
FIBA Asia Cup 2022: Korea Selatan berharap dukungan suporter Indonesia saat melawan Selandia Baru. (Foto: Dok. Perbasi)
Jakarta -

Korea Selatan akan menghadapi Selandia Baru dalam babak perempatfinal FIBA Asia Cup 2022. Di laga itu, negara yang terkenal dengan K-pop itu bakal memanfaatkan dukungan suporter tuan rumah.

Ya, meskipun digelar di Indonesia. Faktanya, Merah-Putih tak bisa melanjutkan lajunya di single event bola basket terbesar di Asia tersebut.

Indonesia disingkirkan China dalam babak play off perempatfinal yang berlangsung pada Senin (18/7). Tim tuan rumah kalah dari tim Negeri Tirai Bambu dengan skor telak 58-108.

Kendati Timnas basket Indonesia sudah tidak bisa bermain, para fans basket di Tanah Air diprediksi bakal terap meramaikan tribune penonton di Istora Gelora Bung Karno (GBK), terutama saat tim Korea berlaga.

Hal itu pula yang akan coba dimanfaatkan Korea saat menghadapi Selandia Baru pada Kamis (21/7) pukul 20.00 WIB.

"Indonesia sangat ramah, banyak fan yang mendukung kami. Sangat penting kehadiran fan di sini, terlebih para pemain menjadi jauh lebih baik di sini," kata pemain naturalisasi Korea, Ra Guna, dalam rilis FIBA Asia Cup 2022.

Adapun kondisi para pemain yang lebih baik, dimaksud center dengan postur tubuh 199 cm ini, ialah terkait chemistry yang sudah semakin solid.

"Yang spesial di tim saat ini ialah kami bersatu baik di dalam maupun di luar. Hal itu sangat baik untuk chemistry tim kami. Korea akan menghadapi Selandia Baru sebagai laga tangguh. Selandia Baru dengan materi pemain dan pelatih lengkap dan kami sudah tidak sabar melawan mereka," kata Ra Guna.

"Untuk bisa menang, kami harus bisa melakukan tembakan dengan baik dan meredam penembak jitu mereka."

Sementara itu, Pelatih Selandia Baru Pero Cameron mengatakan laga melawan Korea adalah ulangan saat FIBA Asia Cup 2017. Saat itu, timnya kalah dari Korea dengan skor 71-80.

"Senang berada di sini memainkan permainan terbaik kami. Sebelumnya kami sudah pernah bertemu di perebutan tempat ketiga di FIBA Asia Cup 2017 dan kembali menghadapi mereka di sini pada babak perempatfinal," kata Pero.

"Pertandingan penting melawan Korea saya rasa kami akan bermain lebih baik dan fokus menghadapi game ini. Mereka tim berpengalaman khususnya di level internasional, saya rasa mereka tim tangguh dan ini sekali lagi tantangan untuk tim kami. Peluang tim kami harus bisa mengantisipasi lawan dan melakukan rotasi pemain yang sangat baik," kata Pero.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT