ADVERTISEMENT

Skuad Timnas Basket RI Dipertahankan buat SEA Games & Asian Games 2023

Mercy Raya - Sport
Jumat, 22 Jul 2022 12:10 WIB
Pebasket Indonesia Derrick Michael Xzavierro (kiri) melewati hadangan pebasket Arab Saudi Musab Tariq (kanan) dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Indonesia menang atas Arab Saudi dengan skor 80-54.  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Timnas Basket Dipertahankan buat SEA Games & Asian Games 2023 (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Manajer Timnas basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso, mengatakan skuad FIBA Asia Cup 2022 tak akan dibubarkan menyusul kegagalan tampil di Piala Dunia 2023. Malah ditambahkan komposisinya untuk menatap multievent ke depan.

Andakara Prastawa dkk harus menelan pil pahit setelah disingkirkan China di babak play off perempatfinal pada pekan lalu. Mereka kalah telak dari tim Negeri Tirai Bambu dengan skor 58-108.

Hasil itu tak hanya membuat Indonesia tak bisa melanjutkan kiprahnya di kejuaraan bola basket terbesar di Asia, juga memutuskan harapan main di FIBA World Cup 2023, di mana Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

"Timnas senior itu secara normal tak akan dibubarkan karena kembali lagi kita masih punya target tahun depan, ada SEA Games dan Asian Games," kata Jeremy di GBK Arena, Jakarta.

"Tapi anak-anak bulan ini dan depan akan kami kembalikan ke klub masing-masing karena ada IBL play off pada Agustus. Setelah itu, kami akan tarik kembali dan ada penambahan pemain muda seperti Ali Bagir Alhadar, Aldy Izzatur Rahman, Kelvin Sanjaya, dan masih banyak lagi yang kami fokuskan untuk training camp Timnas senior," Jeremy menjelaskan.

Lebih jauh Jeremy menambahkan program latihan Timnas ke depan tak hanya berfokus pada di dalam negeri saja, melainkan luar negeri. Namun, formatnya bakal seperti apa masih diformulasikan dengan pelatih Milos Pejic.

Mungkin sebelum play off sudah rampung untuk plan-nya. Jadi kami melakukan program itu secara bertahap tapi tak akan putus. Saya juga sudah rapat dengan milos (Pejic) tentang apa yang perlu ditambah dan diperbaiki ke depannya. Kami akan eksekusi itu setelah play off (IBL) nanti," tuturnya.

SEA Games 2023 sendiri akan berlangsung di Kamboja pada 5-16 Mei. Indonesia berstatus sebagai juara bertahan, setelah pada edisi sebelumnya di Vietnam mereka berhasil merebut medali emas dengan mengalahkan Filipina, 85-81.

Setelah itu, empat bulan berikutnya Timnas basket akan dihadapkan pada Asian Games di Hangzhou mulai 23 September sampai 8 Oktober 2023. Jadwal tersebut baru diumumkan Olympic Council of Asia (OCA), setelah sempat tertunda lantaran COVID-19.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT