Kanada Dipastikan Tampil di FIBA World Cup 2023 Jakarta

ADVERTISEMENT

Kanada Dipastikan Tampil di FIBA World Cup 2023 Jakarta

Mercy Raya - Sport
Rabu, 14 Des 2022 13:55 WIB
SALT LAKE CITY, UT - OCTOBER 2: General view of a NBA referee holding a game ball at Vivint Smart Home Arena on October 2, 2017 in Salt Lake City, Utah. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. (Photo by Gene Sweeney Jr./Getty Images) *** Local Caption ***
Ilustrasi (Foto: Gene Sweeney Jr./Getty Images)
Jakarta -

Tim nasional basket Kanada dipastikan akan tampil di Jakarta pada FIBA World Cup 2023. Keputusan itu diambil setelah Central Board FIBA mengonfirmasi dan berkonsultasi dengan negara-negara tuan rumah.

Amerika Serikat (jika lolos) akan bermain di Filipina, Slovenia akan bertandang ke Jepang, dan Kanada akan berlaga di Indonesia. Baik Slovenia dan Kanada sejatinya telah lolos ke Piala Dunia. Sementara AS berada dalam posisi yang baik untuk merebut tiket melalui jendela kualifikasi terakhir.

Adapun setiap tuan rumah mendapat kesempatan memilih tim pilihan berdasarkan alasan komersial. Sebab, pilihan mereka tidak akan berdampak pada integritas acara atau proses pengundian.

Hal ini pun pernah terjadi pada penyelenggaraan FIBA Basketball World Cup 2019 dengan China, Filipina sebagai tuan rumah turnamen fase Grup dan fase Final akan ditempatkan di Pot 1 untuk pengundian.

Mereka akan bergabung di Pot 1 bersama tim peringkat terbaik di FIBA World Ranking Men, presented by Nike setelah jendela kualifikasi terakhir dimainkan pada Februari 2023. Oleh karena itu, AS (jika mereka lolos) dan Filipina akan ditempatkan di dua grup berbeda dari empat yang akan berlangsung di Filipina.

Jepang telah memilih tim No. 7, Slovenia. Jepang dan Slovenia akan memainkan Fase Grup mereka di Okinawa, di mana dua grup akan dimainkan.

Kanada akan bermain di Jakarta, Indonesia, dengan dua dari 8 tim teratas FIBA World Ranking Men bergabung dengan mereka dalam dua grup di Indonesia.

Event Director FIBA World Cup 2023 Indonesia Budi Satrio Djiwandono menyambut antusias kepastian Kanada bertanding di Jakarta. Ia juga mengaku tak sabar menantikan tim-tim terbaik lainnya dari berbagai belahan dunia beraksi di ibu kota.

"Kanada bukan tim sembarangan karena menjadi tim pertama yang lolos dari kualifikasi regional FIBA Americas. Kita tahu FIBA Americas oleh tim-tim kuat antara lain Amerika Serikat, Brasil, Argentina, tapi Kanada sejauh ini belum terkalahkan dari 10 pertandingan kualifikasi yang akan berakhir pada Februari tahun depan. Tim nasional bola basket Kanada juga punya program pengembangan pemain dengan Toronto Raptors, juara NBA 2019," kata Budi dalam keterangan tertulisnya.

Pada masa lalu, kata Budi, Kanada dikenal dengan aksi bintang mereka Steve Nash. Sekarang, Kanada memiliki sederet pemain yang juga berstatus bintang di kompetisi basket elite dunia NBA, antara lain RJ Barret (New York Nicks), Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder), Jamal Murray (Denver Nuggets), dan Andrew Wiggins (Golden State Warriors). "Wiggins bahkan baru saja menjuarai NBA musim 2021/2022 bersama Golden State Warriors," Budi menjelaskan.

Selain itu, ada juga pemain muda lain yang cukup menonjol dari tim Kanada, yakni Dalano Banton. Guard Raptors yang baru berusia 23 tahun ini baru saja mengantarkan Kanada menempati peringkat keempat FIBA Americup 2022 setelah kalah dari Brasil, yang kemudian menjadi juara, di semifinal. Di kompetisi NBA pertengahan November lalu, Banton sempat mencatatkan 27 poin, lima rebound, empat assist, tiga steal, dua blok saat membantu Raptors mengalahkan Detroit Pistons 115-111.

"Penggemar bola basket Tanah Air pasti akan menantikan para bintang NBA dari Kanada beraksi membela negaranya di Jakarta tahun depan. Jangan lupa, selain pemain hebat, Kanada punya pelatih kepala sekaliber Nick Nurse yang juga menjabat head coach tim NBA Toronto Raptors. Semoga dari hasil undian pada April tahun depan, akan lebih banyak lagi pemain serta tim-tim kelas dunia yang akan tampil di FIBA World Cup 2023 Jakarta," ujar Budi.

Prinsip Pengundian FIBA Basketball World Cup 2023 yang lengkap akan ditentukan setelah jendela enam kualifikasi pada Februari selesai dan setelah semua 32 tim yang dipastikan lolos sudah diketahui. Prinsip-prinsip ini akan didasarkan pada FIBA World Ranking Men dan prinsip-prinsip geografis.

Pengundian FIBA Basketball World Cup 2023 akan diadakan di Manila pada 29 April. Ini kedua kalinya 32 tim akan bermain di Piala Dunia. Ada dua tempat yang menampung empat grup di Manila, dan masing-masing dua grup di Okinawa dan Jakarta, dalam event andalan putra yang akan dimulai pada 25 Agustus 2023.

Beberapa kategori tiket FIBA Basketball World Cup 2023 tersedia di sini. Tiket harian serta tiket pertandingan tunggal akan tersedia pada tahun 2023.

Simak juga Video: Prancis Kalahkan Tim Basket Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT