detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 09 Okt 2020 22:20 WIB

Sirkuit Masih Berkabut, Free Practice 2 F1 GP Eifel Juga Dibatalkan

Adhi Prasetya - detikSport
NUERBURG, GERMANY - OCTOBER 09: The pitlane exit light shows red during a weather delayed FP2 during practice ahead of the F1 Eifel Grand Prix at Nuerburgring on October 09, 2020 in Nuerburg, Germany. (Photo by Peter Fox/Getty Images) Latihan bebas kedua F1 GP Eifel juga dibatalkan karena cuaca buruk. Foto: Getty Images/Peter Fox
Nurburgring -

Free practice kedua Formula 1 GP Eifel 2020 juga dibatalkan. Cuaca terkini masih belum memungkinkan para pebalap melaju kencang di trek.

Sebelumnya, free practice pertama yang seharusnya digelar di Sirkuit Nurburgring, Jumat (9/10) sore WIB akhirnya urung digelar. Kabut karena cuaca dingin membuat jarak pandang di sekitar lintasan terganggu, dan helikopter medis pun sulit terbang jika terjadi apa-apa selama latihan.

Kondisi cuaca diharapkan akan membaik jelang sesi latihan kedua yang dimulai pukul 20.00 WIB, namun ternyata yang terjadi di lapangan tetap tak berubah. Kabut masih terus ada, sehingga FP2 pun terpaksa ikut dibatalkan.

"Cuaca dan kelembabannya baik-baik saja sebetulnya. Tapi helikopter medis masih belum bisa terbang ke rumah sakit terdekat karena terhalang kabut," kata Race Director FIA, Michael Masi, dikutip situs resmi F1.

"Helikopter untuk siaran masih bisa terbang di sekitar sirkuit, tapi kalau terbang ke rumah sakit terdekat jika ada apa-apa masih tak memungkinkan. Oleh sebab itu, dengan mempertimbangkan keselamatan, latihan hari ini tak digelar," sambungnya.

Dengan demikian, para pebalap hanya memiliki satu latihan bebas tersisa yang akan digelar Sabtu (10/10) sebelum babak kualifikasi digelar. Masi menyebut cuaca diprediksi akan membaik di hari Sabtu, namun pihaknya akan menyiapkan rencana cadangan jika kondisinya tak berubah.

NUERBURG, GERMANY - OCTOBER 09: Fans wait for the action to start in FP2 during practice ahead of the F1 Eifel Grand Prix at Nuerburgring on October 09, 2020 in Nuerburg, Germany. (Photo by Joe Portlock/Getty Images)Fans yang sudah menunggu jalannya latihan akhirnya batal melihat aksi pebalap favorit mereka. Foto: Getty Images/Joe Portlock

Sudah tujuh tahun Nurburgring tak menyelenggarakan balapan F1, tepatnya sejak 2013. Terakhir kali balapan di sana, Sebastian Vettel yang keluar sebagai juara, diikuti oleh Kimi Raikkonen di posisi runner-up.

Nurburgring kembali dimasukkan pada tahun ini karena banyak seri balapan di luar Eropa yang dibatalkan akibat pandemi COVID-19.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com