detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Okt 2020 07:01 WIB

Akan Ada GP Arab Saudi di Formula 1 2021

Adhi Prasetya - detikSport
BUDAPEST, HUNGARY - JULY 19: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W11 leads at the start of the race into the first corner during the Formula One Grand Prix of Hungary at Hungaroring on July 19, 2020 in Budapest, Hungary. (Photo by Mark Thompson/Getty Images) F1 akan hadir di Arab Saudi tahun depan. Foto: Getty Images/Mark Thompson
Jakarta -

Formula 1 direncanakan hadir di Arab Saudi tahun depan. Ini akan menjadi pertama kalinya balapan diselenggarakan di negara Timur Tengah itu.

Seperti diberitakan BBC dan Motorsport, jadwal sementara balapan untuk F1 2021 sudah diberikan kepada sepuluh tim peserta. Dari daftar tersebut, GP Arab Saudi rencananya akan digelar pada akhir tahun.

Balapan di negara minyak tersebut akan dilangsungkan di sirkuit jalan raya kota Jeddah. Hal itu disebabkan lokasi sirkuit yang terletak di Qiddiyah City masih dalam proses pembangunan. Jika tak ada gangguan, balapan baru akan berpindah ke sirkuit mulai 2023.

Sementara ini, ada 23 seri balapan yang direncanakan akan digelar, dengan GP Australia pada Maret 2021 direncanakan sebagai seri pembuka. Namun jumlah itu belum diresmikan dan masih bisa berubah.

Sebelum masuk ke Formula 1, sebelumnya Arab Saudi sudah lebih dulu ambil bagian dalam ajang Formula E sejak 2018. Untuk ajang balapan mobil listrik itu, sirkuit yang dipakai adalah jalan raya kota Riyadh.

Namun masuknya GP Arab Saudi dalam gelaran F1 diperkirakan tak akan lepas dari kritikan, mengingat langkah ini juga dianggap bagian dari upaya sportswashing yang selama ini dikaitkan kepada negara tersebut.

Sebelum ini, sejumlah event olahraga internasional memang sudah digelar di Arab Saudi. Tak cuma Formula E, tapi ada juga Piala Super Spanyol, Piala Super Italia hingga perebutan gelar tinju kelas berat antara Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jr.

Dana Investasi Publik (PIF) milik pemerintah Arab Saudi juga sudah melakukan upaya akuisisi Newcastle United di awal tahun 2020, namun terganjal di tahap uji kelayakan pemilik yang dilakukan otoritas Premier League dan akhirnya mundur dari negosiasi.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com