detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 27 Okt 2020 05:15 WIB

Vettel Jawab Tudingan Diperlakukan Beda dengan Leclerc di Ferrari

Adhi Prasetya - detikSport
SAO PAULO, BRAZIL - NOVEMBER 14: Charles Leclerc of Monaco and Ferrari and Sebastian Vettel of Germany and Ferrari pose for a photo in the Paddock during previews ahead of the F1 Grand Prix of Brazil at Autodromo Jose Carlos Pace on November 14, 2019 in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Charles Coates/Getty Images) Performa Leclerc (kiri) lebih baik dari Vettel musim ini. Foto: Getty Images/Charles Coates
Jakarta -

Buruknya performa Sebastian Vettel di Formula 1 2020 diduga karena ia tak diberi mobil berkualitas sama dengan rekan setimnya, Charles Leclerc. Apa tanggapan driver Jerman itu?

Musim ini, Vettel benar-benar jauh dari harapan. Driver Ferrari itu baru meraup 18 poin dari 12 balapan, dengan prestasi terbaiknya hanya finis di posisi keenam pada GP Hongaria. Kini, ia tertahan di urutan ke-13 klasemen pebalap.

Padahal di musim lalu ia masih tampil oke. Juara dunia empat kali itu berhasil meraih sekali kemenangan dan delapan kali finis di urutan tiga besar.

Hal berbeda justru dialami Leclerc. Terlepas dari masalah mesin yang menjadi sorotan utama Ferrari musim ini, pebalap asal Monako itu setidaknya bisa dua kali finis di tiga besar (GP Austria dan GP Inggris) dan saat ini menempati urutan kelima klasemen pebalap dengan 75 poin.

Perbedaan yang cukup kontras ini membuat sejumlah pihak menuding adanya perbedaan perlakuan antara Vettel dan Leclerc. Vettel yang akan hijrah ke Aston Martin di musim depan tak diberi mobil yang lebih bagus ketimbang Leclerc, yang masih bersama Ferrari hingga 2024.

Namun Vettel tak mau berpikir demikian. Ia percaya dirinya dan Leclerc diberi mobil dengan kualitas sama.

"Saya harus berpikir bahwa kami punya mobil yang sama. Saya percaya dengan orang-orang di sekitar saya dan juga yang ada di garasi," kata Vettel, dikutip dari Crash.

"Saya betul-betul berjuang untuk mendapat lap yang bagus bersama-sama, konsisten, dan merasakan grip seperti yang bisa dirasakan Charles. Jadi saya sedang mengusahakannya."

"Tak ada cara lain untuk keluar dari situasi ini selain terus bekerja. Bersama dengan tim, saya akan coba tampil maksimum dan semoga kami bisa finis lebih baik di balapan berikutnya pekan depan," jelas driver 33 tahun itu.

Kepala tim Ferrari Mattia Binotto juga sudah membantah 'teori konspirasi' yang menyebut timnya sedang menyingkirkan Vettel. Ia menegaskan bahwa kedua pebalap timnya mendapat perlakuan yang sama.

"Mobil yang dikendarai Seb and Charles sama, tak perlu ragu lagi. Saya harap Sebastian bisa tampil lebih baik di Imola, dan menunjukkan skill-nya saat balapan," ujar Binotto kepada Sky Sport Italia.

Selanjutnya, F1 akan menggelar seri ke-13 musim ini dengan tajuk GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola, Minggu (1/11/2020) malam WIB.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com