detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 07 Apr 2021 07:50 WIB

Ketimbang Gabung Aston Martin, Vettel Harusnya Rehat Dulu di F1 2021

Adhi Prasetya - detikSport
BAHRAIN, BAHRAIN - MARCH 12: Sebastian Vettel of Germany and Aston Martin F1 Team looks on from the grid during Day One of F1 Testing at Bahrain International Circuit on March 12, 2021 in Bahrain, Bahrain. (Photo by Joe Portlock/Getty Images) Vettel bergabung dengan Aston Martin mulai musim ini. Foto: Getty Images/Joe Portlock
Jakarta -

Sebastian Vettel belum memperlihatkan hasil positif bersama Aston Martin di Formula 1 2021. Ada yang menyebut seharusnya ia rehat dulu ketimbang terus membalap.

Usai tak melanjutkan kerja sama dengan Ferrari musim lalu, Vettel bergabung dengan Aston Martin musim ini. Kepindahan ini diharapkan bisa memperbaiki catatan penampilan Vettel di F1 2020, di mana ia hanya mencatatatkan satu podium.

Namun sejauh ini belum terlihat ada perbaikan prestasi bagi Vettel di lintasan. Selama pramusim, ia tak mencatatkan lap time yang baik. Begitu pula saat musim telah dimulai.

Pada GP Bahrain yang berlangsung akhir bulan lalu, Vettel harus start dari posisi akhir dan hanya mampu finis di posisi ke 15. Jelas performanya itu tak sesuai harapan. Apalagi rekan setimnya, Lance Stroll, mampu meraih poin usai finis di urutan ke-10.

Meski balapan baru berjalan satu seri musim ini, Penasihat Red Bull Racing Helmut Marko beranggapan Vettel seharusnya beristirahat dulu di musim 2021, untuk kemudian turun kembali di tahun 2022. Menurutnya, aturan baru yang berlaku di tahun 2021 ini tak begitu menguntungkan driver Jerman itu.

Diketahui, ada sedikit perubahan aturan, salah satunya yakni pengurangan level downforce untuk memperlambat mobil. Karena pengurangan terjadi di bagian bawah mobil, maka tim-tim macam Mercedes dan Aston Martin lebih dirugikan, sebab mobil mereka berkonsep low rake, ketimbang Red Bull Racing yang mobilnya bertipe high rake.

"Saya berpendapat, bahwa seharusnya dia (Vettel) rehat dulu setahun, mengatur dirinya, dan merenungi apa yang sebenarnya ia inginkan," kata Marko kepada Formel1.de.

"Saya percaya ada banyak kemungkinan di Formula 1 tahun depan. Dan dia tak melakukan itu. Dia sekarang bergabung dengan Aston Martin, yang mana menderita hal yang sama dengan Mercedes (low rake)."

"Mobil mereka (Mercedes dan Aston Martin) sangat mirip. Dan balapan ini sangat jauh dari kelegaan," kata Marko menambahkan.

Marko dan Vettel diketahui sudah saling mengenal sejak lama, yakni saat sang juara dunia empat kali itu masih berada dalam didikan Red Bull Junior Team di awal kariernya.

Simak juga 'Sirkuit Losail Milik Yamaha: Kemarin Vinales, Kini Quartararo':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com