ADVERTISEMENT

Verstappen Bisa Juara Dunia F1 2022 Bulan Depan, Ini Perhitungannya

Adhi Prasetya - Sport
Kamis, 01 Sep 2022 21:55 WIB
SPA, BELGIUM - AUGUST 28: Race winner Max Verstappen of the Netherlands and Oracle Red Bull Racing looks on from the podium during the F1 Grand Prix of Belgium at Circuit de Spa-Francorchamps on August 28, 2022 in Spa, Belgium. (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
Verstappen berpeluang besar meraih gelar juara dunia kedua di musim ini. Foto: Getty Images/Dan Mullan
Jakarta -

Max Verstappen tampil dominan dan unggul jauh dari para rivalnya di puncak klasemen sementara Formula 1 2022. Kapan pebalap Red Bull Racing asal Belanda itu bisa segera mengunci titel juara dunia?

Verstappen telah memenangkan sembilan balapan dari 14 seri yang sudah digelar sejauh ini. Terbaru, ia berhasil finis terdepan dalam GP Belgia yang digelar pekan lalu. Ia unggul hampir 18 detik dari rekan setimnya, Sergio Perez yang finis kedua.

Dengan menyisakan delapan seri, Verstappen memimpin klasemen sementara dengan 284 poin, unggul 93 poin dari Perez di urutan kedua dan 98 poin dari Charles Leclerc (Ferarri) di urutan ketiga. Titel juara dunia F1 untuk kedua kalinya sudah di depan mata.

Sedekat apakah Verstappen? Menurut hitung-hitungan yang sudah dibuat Crash, putra Jos Verstappen itu bisa dinobatkan sebagai kampiun paling cepat di GP Singapura pada 2 Oktober. Namun syaratnya berat.

Verstappen harus menang di GP Belanda (4 September), GP Italia (11 September), dan GP Singapura. Selain itu, pada saat bersamaan Perez dan Leclerc juga harus gagal meraih poin di tiga balapan tersebut.

Oleh sebab itu, opsi paling masuk akal adalah GP Jepang pada 9 Oktober. Verstappen 'hanya' harus menang empat kali beruntun tanpa perlu melihat nasib rival-rivalnya.

Jika berhasil melakukannya, maka Verstappen akan mengoleksi 384 poin (25 angka setiap kemenangan). Jumlah segitu sudah tak bisa lagi dikejar oleh Perez atau Leclerc sekalipun ia gagal meraih poin di empat balapan lainnya.

Dengan strategi jitu dan reliabilitas mobil yang relatif baik, Verstappen diprediksi tak akan mendapat hambatan di sisa musim F1 2022 dan tak perlu menunggu hingga seri terakhir, yakni GP Abu Dhabi untuk mengamankan gelar juara dunia.

(adp/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT