detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 11 Des 2018 18:01 WIB

Pelan-Pelan Hamilton! Saat Juara Dunia F1 Terlalu Ngebut di Tes Superbike

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Lewis Hamilton bikin khawatir tim di tes Superbike. (Foto: Charles Coates/Getty Images) Lewis Hamilton bikin khawatir tim di tes Superbike. (Foto: Charles Coates/Getty Images)
Jakarta - Lewis Hamilton ambil bagian dalam tes Superbike belum lama ini. Juara dunia Formula 1 itu ternyata sempat bikin orang-orang khawatir.

Hamilton kembali menjajal motor Superbike pada pekan lalu. Lima kali juara dunia F1 itu menunggangi Yamaha YZF-R1 dalam tes yang digelar oleh firma Inggris No Limits dan Pata Yamaha.

Driver Mercedes tersebut sempat terjatuh meski tak mengalami luka serius. Tapi rupanya laju Hamilton memang sempat bikin tim yang mendampinginya khawatir.




Karena terbiasa melaju kencang dengan mobil F1, Hamilton tanpa takut-takut mengebut di atas motor Superbike. Menjadi persoalan karena pebalap 33 tahun itu minim pengetahuan soal teknik menunggangi motor balap.

Alhasil tim Pata Yamaha pun meminta rider Superbike-nya, Michael van der Mark, untuk mendampingi dan memberikan tips. Van der Mark sampai meminta Hamilton sedikit menahan diri.

"Lewis sebelum itu sudah menjalani dua track day dengan motornya dan orang-orang di timnya sedikit khawatir karena kecepatannya. Dia sangat cepat, tapi dia tak punya gaya menunggangi motor," kata Van der Mark dikutip Autosport.

"Dia punya banyak sudut menikung, jadi ada sedikit inisiatif dari timnya bahwa dia akan mendapatkan sejumlah tips dari para profesional. Di hari pertama saya sendirian menemani Lewis dan di hari kedua, rekan setim saya Alex Lowes bergabung."




"Pada hari pertama saya cuma mencoba membuatnya sedikit melambat. Saya harus menghentikannya. Dia sama sekali tak takut dan mencoba menikung sekencang menikung dengan mobilnya. Di hari kedua, kami melatih gaya membalapnya," imbuhnya.

Antusiasme Hamilton menunggangi motor balap begitu terasa di tes tersebut. Van der Mark mengungkapkan bahwa pebalap asal Inggris itu sangat penasaran dengan pacuan mesin roda dua.

"Meskipun ini cuma untuk senang-senang, dia sangat termotivasi untuk belajar. Dia bertanya banyak hal dan itu spesial untuk dilihat," sambung juara dunia Supersport ini.

"Anda bisa melihat itu semua menyenangkan untuknya, tapi dia berusaha keras. Dia mau melakukannya dengan benar dan mau belajar sebanyak mungkin," tandas pebalap yang sempat turun di dua seri MotoGP 2017 ini.



(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed