detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 10 Apr 2021 02:48 WIB

Keringat IndoRunners Bernilai Miliaran untuk Para Mahasiswa

Mohammad Resha Pratama - detikSport
IndoRunners punya program beasiswa bernama LUAS atau Lari untuk Amal Sosial. Program ini telah berhasil menukar lebih dari 3.5 juta kilometer lari menjadi dana amal sosial sekitar 1 juta dolar AS atau setara Rp 14 miliar (sekitar $1 juta) sejak dimulai pada 2012 IndoRunners punya program beasiswa untuk mahasiswa S1 (dok.IndoRunners)
Jakarta -

IndoRunners sebagai wadah pegiat olahraga lari tak cuma memikirkan kesehatan sendiri. Tapi, di kondisi pandemi COVID-19, mereka tetap bisa beramal.

IndoRunners punya program beasiswa bernama LUAS atau Lari untuk Amal Sosial. Program ini telah berhasil menukar lebih dari 3.5 juta kilometer lari menjadi dana amal sosial sekitar 1 juta dolar AS atau setara Rp 14 miliar (sekitar $1 juta) sejak dimulai pada 2012

Prrogram amal ini telah berhasil, antara lain, membantu pembangunan Rumah Sakit di Palangkaraya, rumah singgah di pinggiran Jakarta, dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Nah, ada kekhawatiran ketika pandemi virus corona berlangsung, maka kegiatan IndoRunners lewat LUAS akan terhenti. Tapi, niat baik selalu ada jalan dan program LUAS ini ternyata masih berjalan hingga saat ini.

Sampai dengan bulan April tahun ini, IndoRunners yang bekerja sama dengan perusahaan garmen PT Pan Brothers (PBRX) sudah menghasilkan 2 juta KM. Total jarak tempuh lari itu ditukarkan dengan beasiswa senilai total Rp 6 M untuk 100 mahasiswa Universitas Indonesia.

Pemberian beasiswa dimulai dari Tahun Akademik 2017/2018 dan akan berakhir di Tahun Akademik 2024/2025. Setiap tahunnya beasiswa akan diberikan kepada 25 Mahasiswa Sarjana S1 Reguler selama masa studi empat tahun.

Sejak kerjasama PAN dan IndoRunners dimulai pada 2017, 25 mahasiswa elah menerima di tahun pertama. Pada Februari lalu, tiga mahasiswa penerima beasiswa angkatan 2017 telah lulus dengan peringkat cumlaude.

Pandemi yang terjadi tidak menghalangi mereka untuk mewujudkan niat untuk mencetak generasi masa depan bangsa yang cerdas dan sehat.

"Sebagai partner PT Pan Brothers dalam program #lari100sarjana, kami dari Indorunners LUAS mengacungkan jempol untuk Pan Brothers, karena komitmen CSR mereka tetap dilaksanakan, di situasi pandemi yang penuh ketidakpastian. Di tahun ajaran 2020-2021, nilai beasiswa yang terjadwal dicairkan ke UI adalah lebih dari Rp. 1,3 Milyar. Ini nilai yang extraordinary, dalam situasi pandemi," kata Holip Soekawan selaku Founder LUAS IndoRunner dalam rilis kepada detikSport.

IndoRunners mengapresiasi Pan Brothers yang tetap berkomitmen menyelesaikan program beasiswa tersebut, sekalipun kondisi perekonomian Indonesia terpuruk gara-gara pandemi virus corona.

Dalam acara penerimaan para mahasiswa di kantor Pan Brothers pekan ini, ada dua mahasiswa yang berprestasi luar biasa, yakni Indah dengan IPK 3,89, dan Anastasia dengan IPK 3,55. Kegiatan #lari100sarjana akan terus dilakukan ke depannya.

"Secara umum pada masa Pandemi ini tidak menjadi kendala terhadap program beasiswa ini, karena program CSR yang terencana dengan baik, sehingga PBRX tetap berkomitmen merealisasikan hal ini untuk periode ajaran 2017 sampai TA 2020," kata Anne Patricia Sutanto sebagai Vice Chief Executive Officer PT Pan Brothers.

"PBRX tentunya memberikan Kesempatan dan mendukung semua mahasiswa penerima beasiswa yang sudah lulus untuk dapat berkarier di PBRX, baik melalui jalur penerimaan reguler, maupun Management Developement Program yg merupakan program akselerasi internal regenerasi organisasi kami."

(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com