Ramaikan 17-an, Komunitas Sepeda Ini Bakal 'Geruduk' GBK

ADVERTISEMENT

Ramaikan 17-an, Komunitas Sepeda Ini Bakal 'Geruduk' GBK

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 06 Agu 2022 19:11 WIB
Komunitas sepeda ontel
Komunitas sepeda ontel menyerbu GBK 14 Agustus (Istimewa)
Jakarta -

Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-77 bulan ini. Salah satu komunitas sepeda punya cara untuk meramaikan, yakni menggeruduk Gelora Bung Karno.

Adalah Ontelis, sebutan bagi para pecinta sepeda ontel yang akan menggelar aksi Ontel Cinta Tanah Air (OCTA) di Gelora Bung Karno, Minggu (14/7/2022) pekan depan. Para peserta OCTA akan memulai aksinya dari Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 06.00 WIB.

Puluhan komunitas sepeda ontel akan turut serta seperti Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Persaudaraan Sepeda Ontel Nusantara (PESONA), Komunitas Ontel Batavia (KOBA), dan Bintaro Ontel Solidarity (BOS).

Bahkan, dari berbagai penjuru Nusantara seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta, Lampung, Palembang, dan Sulawesi. Ada pula dari Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) pimpinan KH Syarif Rahmat.

Tidak hanya para ontelis, Ontel Cinta Tanah Air juga akan diramaikan oleh kehadiran beberapa pejabat seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, dan Kadis Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus.

"Saya telah bergaul dengan banyak orang dan perkumpulan, tapi kebanyakan dari mereka malah berlomba membesarkan diri saat bertemu, atau bahkan saling menipu, bersaing merebut kesempatan, hingga menggunting dalam lipatan," ujar Syarif Rahmat dalam rilis kepada detikSport.

"Tapi ada sekelompok orang yang tak memikirkan diri sendiri. Mereka rela berkeringat dan bergerak bersama. Itulah komunitas sepeda ontel, yang tak saling tanya soal biaya atau nanti pulang bawa apa."

"Mereka memelihara dua unsur yang mulai hilang saat ini, kesederhanaan dan kebersamaan," tutur Syarif seraya menyebut slogan acara tersebut 'Dengan Sepasang Roda Kita Jaga Kedamaian Nusantara'.

Kardi Putro Atmojo selaku Ketua KOSTI DKI Jakarta, mengaku senang dan mendukung penuh gelaran OCTA untuk menyemarakkan HUT ke-77 RI.

"Kami jadi terwadahi, sebagai silaturahmi para pengoleksi sepeda tua dan sepeda ontel. Di samping itu, tak bisa dimungkiri, ini sarana untuk lebih memupuk rasa cinta Tanah Air karena diselenggarakan dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI," katanya.

Ketua Panitia OCTA, Tomi Ari Sudewo, berharap kegiatan ini turut menciptakan pembauran antar-generasi karena tak hanya diikuti oleh generasi tua, tapi juga generasi

"Sepeda ontel dianggap tua atau barang antik tapi nilai historisnya, sesungguhnya tinggi. Uniknya, sepeda ontel kini dibuat oleh brand ternama."

"Kami harapkan kegiatan ini juga ikut menciptakan pembauran antar-generasi karena yang boleh berpartisipasi tak hanya generasi tua, tapi milenial," ujarnya.

Sebagai informasi, sejauh ini, jumlah peserta OCTA sudah mencapai sekitar 5.000 orang dan semuanya ontelis. Namun, panitia masih membuka kesempatan untuk mereka yang ingin mendaftar, karena bakal disediakan banyak hadiah menarik termasuk dua paket umrah.

Tertarik mengikutnya? Silakan kontak nomor berikut ini 0813-8379-6235.



Simak Video "Kota Seribu Sepeda Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT