detiksport
Follow detikSport
Senin, 10 Sep 2018 12:13 WIB

Crutchlow: Suruh Fenati Jalan Kaki ke Garasi, Disanksi Seumur Hidup

Kris Fathoni W - detikSport
Romano Fenati dianggap layak disanksi seumur hidup dari dunia balap motor (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Romano Fenati dianggap layak disanksi seumur hidup dari dunia balap motor (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Misano - Romano Fenati selayaknya langsung disanksi tidak boleh membalap lagi seumur hidup setelah menekan rem rider lain dalam race. Begitu opini Cal Crutchlow.

Fenati didiskualifikasi dari balapan Moto2 di Misano, juga diskors selama dua seri balapan, setelah membahayakan rider lain yakni Stefano Manzi. Dalam kecepatan tinggi di tengah balapan, Fenati dengan sengaja menekan rem tangan motor Manzi.
Sebelum hukuman buat Fenati dijatuhkan, ketiga rider MotoGP yang naik podium sempat dimintai pendapatnya mengenai insiden dalam balapan di kelas Moto2 itu. Crutchlow berkomentar keras dan lantang.

"Saya pikir ia semestinya tak diperbolehkan balapan lagi di atas motor. Ia mestinya disuruh jalan kaki balik ke garasi dan timnya seharusnya langsung mendepaknya," ucap Crutchlow seperti dikutip Crash.net.
"Anda tak boleh bertindak seperti itu kepada pebalap motor lainnya. Kami ini sudah mempertaruhkan nyawa dan senggolan adalah hal lazim dalam balapan. Tapi tindakan menekan rem rider lain di trek lurus membuatnya layak langsung disanksi seumur hidup," katanya.


Pendapat Marc Marquez, yang finis kedua di MotoGP San Marino, tidak sekeras Crutchlow. Tapi ia tetap merasa Fenati harus dihukum seberat-beratnya agar hal serupa tak terjadi di masa depan.
"Keputusan di tangan Race Direction dan mereka harus memahami situasi sepenuhnya. Mereka harus memberi sanksi agar rider lain tidak coba-coba melakukan hal serupa," katanya.

Sementara Andrea Dovizioso yang merebut kemenangan di MotoGP San Marino tampak tidak habis pikir dengan tindakan sembrono Fenati. "Yang dilakukannya buruk sekali dan wajar saja muncul black flag. Apa pun alasannya, Anda tak boleh melakukannya."

Sebelum insiden tekan rem tangan, Manzi terlebih dulu sempat menyenggol Fenati keluar lintasan dalam balapan. Ada dugaan Fenati, yang dulu didepak akademi VR46 milik Valentino Rossi karena masalah perilaku, memang ingin balas dendam ke Manzi.


(krs/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed