detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 04 Feb 2019 17:30 WIB

Kepada Fans di Jakarta, Vinales Janji Lebih Kalem di MotoGP 2019

Yanu Arifin - detikSport
Maverick Vinales akan lebih tenang di MotoGP 2019. (Grandyos Zafna/detikSport) Maverick Vinales akan lebih tenang di MotoGP 2019. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Maverick Vinales berjanji lebih kalem menghadapi MotoGP 2019. Rider Monster Energy Yamaha itu mengungkapkan harapan itu saat berada di Jakarta.

Vinales datang ke Jakarta, Senin (4/2/2019), untuk meluncurkan tim MotoGP Yamaha untuk musim 2019. Ia, bersama Valentino Rossi, memperkenalkan tim Yamaha yang kini disponsori Monster Energy.

Kunjungan itu dilakukan Vinales dan Rossi di sela-sela tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. MotoGP menggelar tes di Malaysia pada 1-3 Februari dan 6-8 Februari.


"Tes di Sepang sangat penting untuk berkembang setahap demi setahap karena tahun ini kami punya enam hari tes jadi ini sangat penting. Saya pikir motornya lebih baik dari segi grip, power, dan ini kesempatan kami memperbaikinya," kata Vinales di Hotel Four Season.

"Dan, tentu saja yang penting adalah banyak melakukan putaran sebab pada akhirnya masalah degradasi ban akan menjadi kunci, khususnya di bagian depan, di last lap dan kami terkadang amat kepayahan pada ban jadi sangat penting bisa konsisten sejak lap pertama dan lap 23 jadi masalah degradasi ban sangat penting," dia menjelaskan.

Nah, untuk urusan mengontrol emosi, Vinales tak main-main musim ini. Dia menggandeng pelatih mental.

Ya, berdasarkan pengalaman, Vinales kesulitan menuai hasil maksimal pada seri-seri musim lalu karena faktor psikologis. Dia sulit mengendalikan tekanan di tiap balapan.

"Terkadang, anda memacu diri sendiri terlalu keras, terkadang sampai melewati batas, terutama ketika anda menunggangi motor untuk meraih hasil yang sudah berada di kepala anda, anda akan memacu diri sendiri dan berpotensi membuat stres. So, tahun lalu saya cukup stres karena hasilnya tidak sebagus tahun sebelumnya," dia menambahkan.

"Dan di tes ini saya akan memulainya perlahan, saya tahu gaya balapan saya, tahu level saya, penting punya musim yang bagus sehingga penting bisa sedikit kalem untuk menghadapinya," dia mengungkapkan.

(yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed