detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 05 Feb 2019 16:36 WIB

Agar Rossi dan Vinales Lebih Tangguh, Yamaha Investasi Besar di Elektronik

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Yamaha menaruh perhatian besar ke elektronik di musim 2019. (Foto: Grandyos Zafna) Yamaha menaruh perhatian besar ke elektronik di musim 2019. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Dua musim terakhir Yamaha kesulitan bersaing di baris terdepan MotoGP. Tak mau terus tercecer, Yamaha lebih serius berbenah salah satunya di elektronik.

Dalam dua tahun terakhir, Yamaha harus puas hanya menempatkan pebalap di posisi tiga kejuaraan dunia. Maverick Vinales finis ketiga di 2017, di belakang Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati).




Tahun lalu, giliran Valentino Rossi di belakang Marquez dan Dovizioso. Dalam dua musim tersebut, tim pabrikan Yamaha hanya meraih lima kemenangan saja.

Persoalan utama yang dikeluhkan Rossi dan Vinales adalah terkait perangkat kontrol elektronik (ECU). Kinerja ECU Yamaha dinilai belum optimal, membuat ban tak punya traksi bagus sehingga cepat terkikis.

Persoalan ini pun diakui oleh kepala tim Yamaha Motor Racing (YMR)Lin Jarvis.




"Masalah besar tahun lalu adalah konsumsi ban dan selip, jadi kami kekurangan traksi di banyak titik. Mesinnya terlalu agresif di sentuhan pertama, ketika Anda mengegas saat keluar tikungan," kata Jarvis dilansir Crash.

"Para kompetitor kami bisa membuka gas dengan cukup keras, dengan sudut menikung sedemikian rupa, tanpa mengalami selip. Ini adalah persoalan, sebagian dari sasis, sebagian dari mesin, tapi kebanyakan adalah soal manajemen elektronik. Di sanalah kami kesulitan," tambahnya.




Manajer Umum Divisi Pengembangan Motorsport Yamaha Kouichi Tsuji menyebut untuk tahun ini, ada perhatian besar untuk elektronik. Perekrutan ahli ECU Michele Gadda salah satunya.

"Kami sudah berinvestasi lebih besar dalam pengembangan di Italia dan Michele adalah salah satu sosok kunci. Dia menangani pengembangan elektronik YMR," tandas Tsuji. (raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed